PENGGUNAAN MEDIA KANTONG NILAI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I PRACIMANTORO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011

Jannah, Zani Rohfatkhul (2011) PENGGUNAAN MEDIA KANTONG NILAI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I PRACIMANTORO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3400Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan media kantong nilai dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas I SD Negeri I Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011. Bentuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yaitu empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri I Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media kantong nilai dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Peningkatan nilai rata-rata penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan tersebut yaitu: pada keadaan awal adalah 58,29 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 73,25, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,75. Sebelum dilaksanakan penelitian, siswa yang memperoleh nilai penjumlahan dan pengurangan yang mencapai KKM 70 sebanyak 7 siswa (21,17%), pada siklus I menjadi 16 siswa (66,67%), dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (83,33%). Dengan demikian, media kantong nilai dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I A SD Negeri I Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 19 Jul 2013 21:14
    Last Modified: 19 Jul 2013 21:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7035

    Actions (login required)

    View Item