STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA JASA KECANTIKAN DI KOTA SURAKARTA

Putri, Caesa Septiani (2011) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA JASA KECANTIKAN DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (480Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan: pertama, mengetahui besarnya pengaruh faktor modal usaha, tingkat pendidikan, lama usaha dan lokasi usaha terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di kota Surakarta; kedua, untuk mengetahui manakah dari faktor-fakor tersebut yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan observasi terhadap usahawan jasa kecantikan di Kota Surakarta. Sampel diambil dari 5 Kecamatan di Kota Surakarta yaitu Kecamatan Laweyan, Banjarsari, Serengan, Pasarkliwon, dan Jebres sebanyak 75 responden. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner serta pengamatan langsung, dengan sampel sebanyak 75 usahawan dengan teknik sampling classified proportional random sampling technique. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang disertai dengan uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, heteroskedastik, dan autokorelasi) serta uji statistik (uji t, uji F, koefisien determinasi (R2)). Hasil penelitian menunjukkan, pertama , bahwa secara individu keempat variabel modal usaha, tingkat pendidikan, lama usaha dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di Kota Surakarta, kecuali tingkat pendidikan tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di Kota Surakarta. Dan secara bersama-sama keempat variabel tersebut positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di Kota Surakarta; Kedua, dilihat dari koefisien regresinya, variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keberhasilan usaha jasa kecantikan di Kota Surakarta adalah lama usaha, berarti hal ini sesuai dengan hipotesis dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan: pertama, usahawan jasa kecantikan berfokus mengikuti seminar kecantikan dan kursus-kursus kecantikan; kedua , usahawan memiliki modal dalam menambah perlengkapan dan peralatan salon; ketiga , usahawan memperhatikan lokasi usaha dan menambah pengalaman usaha dalam menjalani usahanya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 19 Jul 2013 20:29
    Last Modified: 19 Jul 2013 20:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7022

    Actions (login required)

    View Item