PENENTUAN ATRIBUT TELUR ASIN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN ANALISIS CONJOINT

SUSANTI, IDA (2011) PENENTUAN ATRIBUT TELUR ASIN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN ANALISIS CONJOINT. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (584Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ida Susanti. NIM : I1306010. PENENTUAN ATRIBUT TELUR ASIN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN ANALISIS CONJOINT . Skripsi. Surakarta : Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, April 2011. Industri telur asin mempunyai peranan yang cukup penting bagi industri pangan nasional. Permintaan konsumen terhadap telur asin dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kenaikan permintaan ini mendorong industri telur asin untuk menawarkan produk yang lebih baik. Dalam upaya memenuhi keinginan konsumen terhadap telur asin maka produsen memerlukan atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumennya. Untuk mendapatkan atribut tesebut dilakukan analisis conjoint yang merupakan metode terbaik dalam menyelidiki dan menganalisis kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menentukan atribut-atribut telur asin yang penting menurut konsumen dan mengelompokkan karakteristik konsumen berdasarkan tingkat kepentingan atribut. Penelitian ini diawali dengan menentukan atribut produk yang penting dalam pandangan konsumen. Berdasarkan proses penentuan atribut produk diperoleh 10 atribut yang kemudian dipilih enam atribut penting yang digunakan dalam penelitian. Setelah itu menentukan level setiap atribut telur asin, dan melakukan penyusunan kartu konsep dengan menggunakan orthogonal array. Data diambil menggunakan metode simple random sampling dan skala rangking sebagai skala pengukuran. Jumlah responden yang digunakan dalam pengambilan data adalah 40 responden. Dalam penelitian ini digunakan analisis conjoint untuk membantu mendapatkan atribut-atribut telur asin yang penting bagi konsumen. Analisis k-mean cluster digunakan untuk pengelompokan segmen cluster. Penelitian ini menghasilkan enam atribut telur asin yang paling penting bagi konsumen yaitu telur asin yang berukuran sedang dengan keasinan asin sedang, berwarna biru dengan keawetan 3 minggu, terdapat merk pada telur asin dan berbentuk lonjong, Selain itu penelitian menghasilkan empat segmen cluster berdasarkan tingkat atribut telur asin. Segmen cluster pertama konsumen memilih warna dan ukuran telur asin, segmen cluster kedua konsumen memilih keasinan telur asin, segmen cluster ketiga konsumen memilih ukuran telur asin dan segmen cluster keempat konsumen memilih merk telur asin. Kata kunci: telur asin, analisis conjoint, analisis cluster ABSTRACT Ida Susanti, NIM: I1306010. DETERMINING THE ATTRIBUTE OF SALTED EGG BASED ON THE CUSTOMER PREFERENCE USING CONJOINT ANALYSIS . Thesis. Surakarta: Industrial Engineering Department of Engineering Faculty, Sebelas Maret University, April 2011. Salted egg industry has an important role in national food industry. The customers demand for salted egg increases over years. Such the increase encourages the salted egg industry to offer a better product. In the attempt of meeting the customers demand for salted egg, the producer has to identify attributes which are considered as important by the customer. To get such attributes, a conjoint analysis was conducted. The method is used since it constitutes the best method in investigating and analyzing the customers need. The objectives of this research are to determine the important attributes of salted egg and to group the characteristics of customers based on the attribute importance weights. This research is started by determining the attribute of product which are considered as important by customers. From the preliminary study, we obtained 10 attributes and selected six of them to be used in the research. After determiniting the attributes, then we set the level of each attributes. Orthogonal array is used to generate the concept card. The card is then used as a mean to represent the product. The data was taken using simple random sampling and rank scale as the measurement scale. The number of respondents used in the data collection was 40 respondents. In this research, the conjoint analysis was used to help obtaining the attributes of salted egg important to the costumers, and k-mean cluster analysis was used for grouping the cluster segment. The result of this research shows that the most demanded salted eggs are: medium in size, medium saltiness, blue in color, three weeks shelf life, oval, and having brand on the egg. The research resulted in four clusters based on attributes important weights. In the first cluster, customers considered color and size more than other attributes. In the second, cluster customers considered saltiness more than other attributes and for the third and fourth, cluster customers considered size and brand more than other attributes respectively. Keywords: salted egg, conjoint analysis, cluster analysis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: telur asin, analisis conjoint, analisis cluster salted egg, conjoint analysis, cluster analysis.
    Subjects: T Technology > TX Home economics
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 19 Jul 2013 08:44
    Last Modified: 19 Jul 2013 08:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6978

    Actions (login required)

    View Item