PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN I PENGKOL JATIROTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURSITA, RISCHA FERDY (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN I PENGKOL JATIROTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2985Kb)

    Abstract

    Rischa Ferdy Nursita. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS III SDN I PENGKOL JATIROTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2011. Tujuan penelitian adalah (1) Meningkatkan penguasaan konsep bilangan pecahan pada siswa kelas III SDN I Pengkol Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). (2) Mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan penguasaan konsep bilangan pecahan pada siswa kelas III SDN I Pengkol Jatiroto Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN I Pengkol Jatiroto pada tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa kelas III adalah 13 orang yang terdiri dari 5 orang siswa putra dan 8 orang siswa putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data/ penyajian data, dan mengambil kesimpulan/ verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang pada awalnya hanya 38,46% (5 dari 13 siswa), pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 69,23% (9 dari 13 siswa), dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 84,61% (11 dari 13 siswa). Sedangkan nilai rata-ratanya yang semula 55,38, pada siklus I meningkat menjadi 65,38, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan pecahan pada siswa kelas III SDN I Pengkol Jatiroto tahun pelajaran 2010/2011 dan di dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan penguasaan konsep bilangan pecahan pada siswa kelas III SDN I Pengkol Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 ada beberapa hal yang peneliti temui selama penelitian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 19 Jul 2013 06:36
    Last Modified: 19 Jul 2013 06:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6964

    Actions (login required)

    View Item