EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER ) PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA

NUR KHAYATI, ANIK (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER ) PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (461Kb)

    Abstract

    Anik Nur Khayati. EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2011. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi luas dan volume bangun ruang, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika diantara siswa yang mempunyai gaya belajar matematika tipe auditorial, gaya belajar matematika tipe visual dan gaya belajar matematika tipe kinestetik pada materi luas dan volume bangun ruang, (3) untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan model pembelajaran konvensional yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi luas dan volume bangun ruang ditinjau dari gaya belajar matematika tipe auditorial, gaya belajar matematika tipe visual dan gaya belajar matematika tipe kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Batik 1 Surakarta, Tahun Ajaran 2008/2009, yang berjumlah 378 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas X-1 untuk kelas eksperimen dengan jumlah siswa 43 orang dan kelas X-2 untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa 39 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling random kluster. Uji coba instrumen dilaksanakan di MAN 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai ujian semester gasal mata pelajaran matematika, metode angket untuk data gaya belajar dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi luas dan volume bangun ruang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan uji Bartlett dengan statistik uji Chi Kuadrat dengan taraf signifikansi 5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional pada materi luas dan volume bangun ruang pada siswa kelas X semester genap SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009 (Fa = 22,6120 < 3.984 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%). (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai gaya belajar matematika tipe auditorial, gaya belajar matematika tipe visual dan gaya belajar matematika tipe kinestetik pada materi luas dan volume bangun ruang siswa kelas X semester genap SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009 (Fb = 1,0527 < 3.134 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%). (3) model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional untuk setiap tipe gaya belajar matematika siswa pada materi luas dan volume bangun ruang siswa kelas X semester genap SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009 (Fab = 0.3703 < 3.134 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%). ABSTRACT Anik Nur Khayati, An Experimentation of NHT (Numbered Heads Together) type of cooperative learning model in the subject of area and volume of plane geometry from students learning style on the students X graders of SMA Batik 1 Surakarta. Thesis, Surakarta : Theacher Training and Education Faculty. University Eleven March Surakarta, 2011. The objectives of research are : (1) to find out whether learning using NHT (Numbered Heads Together) type of cooperative learning model provides mathematics learning achievement better than learning using conventional learning model in the subject of area and volume of plane geometry. (2) to find out whether are there difference mathematics learning achievement among students with mathematics learning style auditorial type, mathematics learning style visual type and mathematics learning style kinestetik type in the subject of area and volume of plane geometry. (3) to find out which between NHT (Numbered Heads Together) type of cooperative learning model and convensional learning model that provides mathematics learning achievement better in the subject of area and volume of plane geometry viewed from mathematics learning style uaditorial type, mathematics learning style visual type and mathematics leaning style kinestetik type . This study employed a quasi_experimental method. The population of research was all students X graders of SMA Batik 1 Surakarta in the school year of 2008/2009, totaling 378 students which is divided into 9 classes. The sample used in this research was 2 classes, class X-1 for experimental class with 43 students and class X-2 for control class with 37 students. The sampling technique used was cluster random sampling. The instrument test was carried out in MAN 1 Surakarta. Techniques of collecting data employed were documentation method in the form of mathematics score in odd semester, questionnaire for the data on students mathematic learning style and test methods for data on students mathematic learning achievement in the subject wide and volume shape space. Technique of analyzing data used was two_way analysis of variance with unequel cells. The analysis requirement was the population with normal distribution using Lilliefors test and population having the same variance (homogenous) using Bartlett method with Chi_Square test statistic at significance level of 5 %. From the result of research, it can be concluded that : (1) learning using NHT (Numbered Heads Together) type of cooperative learning model provides mathematics learning achievement better than learning using conventional learning model in the subject of area and volume of plane geometry of students X graders even semester of SMA Batik 1 Surakarta in the school year of 2008/2009 (Fa = 22,6120 > 3,984 = Ftable at significance level of 5%). (2) there is no difference mathematics learning achievement among students with mathematics learning style auditorial type, mathematics learning style visual type and mathematics learning style kinestetik type in the subject of area and volume of plane geometry of students X graders even semester of SMA Batik 1 Surakarta in the school year of 2008/2009 (Fb = 1,0527 < 3,134 = Ftable at significance level of 5%). (3) NHT (Numbered Heads Together) type of cooperative learning model provides mathematics learning achievement better than conventional learning model for each mathematics learning style in the subject of area and volume of plane geometry of students X graders even semester of SMA Batik 1 Surakarta in the School Year of 2008/2009 (Fab = 0,3703 < 3,134 = Ftable at significance level of 5%).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 19 Jul 2013 01:00
    Last Modified: 19 Jul 2013 01:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6949

    Actions (login required)

    View Item