PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KUDUR KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2010/2O11

Siswanto, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KUDUR KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2010/2O11. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas proses pembelajaran apresiasi drama dengan menerapkan metode kooperatif jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Kudur Kecamatan Winong Kabupaten Pati, (2) Meningkatkan kemampuan apresiasi drama dengan menerapkan metode kooperatif jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Kudur Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang merupakan kolaborasi/kerja sama antara peneliti dan guru, siswa serta pihakpihak lain yang terkait di dalamnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kudur Kecamatan Winong Kabupaten Pati yang berjumlah 27 siswa dan guru kelas sekaligus guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V. Objek penelitian ini adalah pembelajaran apresiasi drama. Sumber data yang digunakan, yaitu: (1) tempat dan peristiwa, (2) informan, dan (3) dokumen. Tempat dan peristiwa dalam penelitian ini yakni kegiatan pembelajaran apresiasi drama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Kudur Pati. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas sekaligus guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia dan beberapa siswa kelas V SD Negeri Kudur Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Dokumen yang digunakan berupa catatan observasi selama proses pembelajaran, daftar nilai yang berupa nilai proses dan hasil pembelajaran apresiasi drama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), catatan hasil wawancara yang ditranskrip, dan foto kegiatan pembelajaran apresiasi drama. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; (3) tes; (4) analisis dokumen. Teknik validitas yang digunakan adalah: triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Teknik analisis komparatif deskriptif mencakup analisis kritis terhadap kelebihan dan kelemahan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran pada setiap siklus dan membandingkan hasil tindakan setiap siklus dengan indikator ketercapaian yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan kemampuan apresiasi drama siswa kelas V SD Negeri Kudur Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hal tersebut terefleksi sebagai berikut: (1) kualitas proses pembelajaran apresiasi drama mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari: kedisiplinan, minat, kerja sama, keaktifan, dan tanggung jawab siswa, (2) adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran apresiasi drama. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan belajar yang ditentukan oleh pihak sekolah sebesar 69,9 yaitu: pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 67,1 dan 10 dari 27 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus II, nilai rerata siswa sebesar 72,7 dan 17 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus III, nilai rerata siswa sebesar 79.7 dan 25 siswa dinyatakan berhasil mencapai standar ketuntasan belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 21:26
    Last Modified: 18 Jul 2013 21:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6903

    Actions (login required)

    View Item