UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BLAMBANGAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Sukarseno, Tuslan (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BLAMBANGAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (606Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Blambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metodologi tujuan menggunakan lembar observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: hasil belajar siswa selama proses pembelajaran siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I 72,87, siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 65,51%, sedangkan yang belum tuntas belajar 34,48% dari 29 siswa. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata 82,99, siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 89,65%, sedangkan yang belum tuntas belajar 10,34% dari 29 siswa. Ketuntasan belajar siswa 89,65% melebihi indikator keberhasilan, yaitu ketuntasan belajar 80%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Blambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 21:20
    Last Modified: 18 Jul 2013 21:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6900

    Actions (login required)

    View Item