PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS INTERAKTIF BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA KELAS 7B UPTD SMPN 1 RINGINREJO KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (PTK)

Wajdi, Mohammad Faried (2010) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS INTERAKTIF BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA KELAS 7B UPTD SMPN 1 RINGINREJO KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (PTK). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (436Kb)

    Abstract

    MOHAMMAD FARIED WAJDI S810809115 (2010). Penggunaan Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas 7B SMPN 1 Ringinrejo Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. Tesis: Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas 7B SMPN 1 Ringinrejo Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011 menggunakan media pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia; 2) mengetahui seberapa besar peningkatkan prestasi belajar siswa kelas 7B SMPN 1 Ringinrejo Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011 menggunakan media pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) prencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan (acting), 3) pengamatan (Observing), dan 4) refleksi (Reflecting). Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, masing-masing pertemuan selama 2x40 menit. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: kuesioner dan test. Dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan diperoleh hasil skor kuesioner motivasi siswa sebesar 59% pada studi pendahuluan, 65% pada siklus I, dan 82% pada siklus II. Prestasi hasil belajar siswa rata-rata sebesar 57,17 pada studi pendahuluan, kemudian meningkat menjadi 59,19 pada siklus I, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,58 dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85,92. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dari peningkatan persentase skor kuesioner pada setiap kegiatan, sedangkan peningkatan prestasi belajar terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kamus interaktif Bahasa Indonesia merupakan salah satu alternatif peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia, Motivasi belajar, dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 21:04
    Last Modified: 18 Jul 2013 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6888

    Actions (login required)

    View Item