PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA HOTEL DANA SOLO

Indah K, Novia (2011) PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA HOTEL DANA SOLO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (682Kb)

    Abstract

    Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah pengunjung, misalnya dengan melakukan promosi seperti yang dilakukan oleh Hotel Dana Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu ivariabel-variabel apa saja yang digunakan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Hotel Dana Solo. Metode penelitian yang digunakan penulis berupa metode wawancara, observasi, studi pustaka dan data sekunder. Data sekunder adalah data yang di peroleh bukan dari sumbernya melainkan pihak lain seperti literature buku atau sumber yang berkaitan dengan topik penerapan bauran promosi. Teknik pembahasan yang digunakan adalah pembahasan deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan, menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat suatu objek masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Hotel Dana Solo menggunakan empat variabel bauran promosi yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publikasi. Dari keempat variabel yang ada pada Hotel Dana Solo, variabel promosi penjualan adalah variabel yang paling tepat untuk Hotel Dana Solo.Pengaruh biaya promosi dapat dilihat biaya promosi tertinggi pada tahun 2010 dengan total Rp 117.753.915 diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjung 1,1% dan peningkatan jumlah pengunjung terbanyak terdapat pada tahun 2008 mencapai 2,2% dengan total biaya promosi Rp. 114.858.980. Secara keseluruhan jumlah pengunjung Hotel Dana Solo tidak selalu bergantung pada peningkatan total biaya promosi setiap tahunnya. Hasil penelitian diatas sebagai alasan dalam memberikan saran yang dapat disampaikan sebaiknya Hotel Dana Solo lebih meningkatkan jumlah pengunjung dengan meningkatkan kegiatan personal selling, periklanandan promosi penjualan dengan cara memberikan brosur dan harga istimewa kepada calon pengunjung, dan diharapkan mampu mempertahankan prestasi yang dicapai dan dapat memperbaiki pelayanan supaya memberikan kesan yang baik dimata pengunjung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:35
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6870

    Actions (login required)

    View Item