KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN METODESURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

WINARNI, (2011) KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN METODESURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1444Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kombinasi metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan metodeSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas X akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti dan melibatkan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) pengenalan masalah, (2) persiapan tindakan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, masing-masing siklus selama 7 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 6 Surakarta dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan metodeSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan metodeSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa pada siklus pertama diketahui bahwa sebanyak 22 siswa atau sebesar 55 % sudah memenuhi KKM dan sebanyak 32 siswa atau sebesar 80% pada siklus yang kedua. Terjadi peningkatan sebanyak 25%. (2) Metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan metodeSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase keaktifan siswa keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari 53% (21 siswa) pada siklus pertama menjadi 75% (30 siswa) pada siklus kedua, keaktifan siswa dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan dari 50% (20 siswa) pada siklus pertama menjadi 75% (30 siswa) pada siklus kedua, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan kombinasi antara metode STAD dan metode SQ3R mengalami peningkatan dari 57.5% (23 siswa) pada siklus pertama menjadi 75% (30 siswa) pada siklus kedua, keaktifan siswa dalam presentasi kelas mengalami peningkatan dari 60% (24 siswa) pada siklus pertama menjadi 77.5% (31 siswa) pada siklus kedua. Kata kunci : metode pembelajaran STAD dan SQ3R, kualitas pembelajaran, akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:32
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6868

    Actions (login required)

    View Item