PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V DI SD TRIPUSAKA SURAKARTA

Rochmani, Safitri (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V DI SD TRIPUSAKA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET .

[img] PDF - Published Version
Download (1051Kb)

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi permasalahan bagaimanakah cara penggunaan media gambar mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Mandarin siswa di SD Tripusaka Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Mandarin siswa kelas V di SD Tripusaka Surakarta. Dalam penulis Tugas Akhir ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, wawancara dan studi dokumen. Hasil laporan ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media gambar dapat dijadikan alternatif model pembelajaran. Dengan media gambar, pembelajaran kosakata bahasa Mandarin lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Hal ini dapat dilihat dari hasil test tertulis dan tes lisan yang dilakukan penulis pada saat terakhir mengajar yang diujikan dengan menggunakan media gambar, nilai siswa meningkat dari yang semula nilai ratarata mereka hanya 64 menjadi 87.5. Selama penulis mengajar, penulis mengalami kendala diantaranya siswa masih belum bisa membaca hanyu pinyin dengan pengucapan nada, kesulitan pada saat menulis hanyu pinyin dan hanzi, masih belum bisa menghafal kosakata dengan benar, alokasi waktu yang kurang dalam melaksanakan pembelajaran dan belum tersedianya buku panduan bahasa Mandarin. Penulis berusaha mengatasi kendala selama mengajar dengan cara membaca secara berulang-ulang hanyu pinyin dengan nada dan pengucapan yang benar sambil menunjukan gambar yang dimaksud. Menyuruh siswa untuk menunjukkan salah satu gambar, kemudian siswa menulis hanyu pinyin di samping gambar yang ditunjuk. Memberikan tugas kepada siswa untuk menghafalkan gambar dan kosakata yang telah diajarkan dan menghafalkan secara bersama-sama. Penulis meminta tambahan waktu kepada guru pamong sehingga materi dapat disampaikan dengan baik dan membuat sendiri bahan pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Dari hasil laporan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media gambar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima SD Tripusaka Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:14
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6856

    Actions (login required)

    View Item