KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PUTRI SEKOLAH DASAR KELAS IV Se-DABIN I KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KURNIAWAN, IWAN (2011) KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PUTRI SEKOLAH DASAR KELAS IV Se-DABIN I KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2986Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui kemampuan motorik siswa putri Sekolah Dasar kelas IV Se-Dabin I Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif bersifat eksploratif yang dilakukan secara survey. Survei dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Se-Dabin I Karanganyar. Populasi penelitian ini adalah siswa putri yang terdiri atas 133 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling, kemudian didapat sampel sebanyak 113 orang. Jumlah sampel ini terbagi dalam I Dabin dengan rincian sebagai berikut : (1) SDN 01 Karanganyar sebanyak 13 siswa, (2) SDN 02 Karanganyar sebanyak 15, (3) SDN 03 Karanganyar sebanyak 19 siswa, (4) SDN 04 Karanganyar sebanyak 15 siswa, (5) SDN Jungke 1 Karanganyar sebanyak 21 siswa, (6) SDN Jungke 2 Karanganyar sebanyak 15 siswa, (7) MI Muhammadiyah Karanganyar sebanyak 15 siswa Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes dan pengukuran. Untuk mengukur kemampuan motorik menggunakan Barrow Motor Ability Test dari Barry L Johnson and Jack K Nelson (1986:365), yang meliputi : Vertical Jump (loncat tegak), Medicine Ball (lempar bola medicine), Standing Long Jump (lompat jauh tanpa awalan), Zig-zag run (lari zig-zag), dan Shuttle Run. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan motorik siswa putri kelas IV SD Se-Dabin I Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010, kategori baik dengan nilai ≥ 303 sebanyak 3 siswa (2,66%), Cukup dengan nilai 270-302 sebanyak 17 siswa (15,04%), Sedang dengan nilai 243-209 sebanyak 46 siswa (40,71%), Kurang dengan nilai 218-242 sebanyak 39 siswa (34,51%), Kurang Sekali dengan nilai ≤ 217 sebanyak 8 siswa (7,08%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:12
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6854

    Actions (login required)

    View Item