PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN Z( RME ) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GROBOGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2005/2006

SUGIYANTI, (2006) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN Z( RME ) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GROBOGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2005/2006. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (706Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah : (i) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada pembelajaran matematika konvensional. (ii) siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan awal sedang dan rendah. (iii) ada pengaruh bersama pembelajaran menggunakan pendekatan RME dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Grobogan Tahun Ajaran 2005/2006. Yang terdiri dari 6 kelas, yang berjumlah 279 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII B dan siswa kelas VIII C yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengambilan data adalah metode dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa sebelum eksperimen dan metode tes untuk data prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama. Pengujian persyaratan analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (i) pembelajaran dengan pendekatan RME pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung menghasilkan prestasi belajar yang secara signifikan lebih baik daripada 6 pembelajaran konvensional ( Fobs = 5,3433 > 3,968 =Ftabel dan rataan baris a1 = 69,3333 > 63,8889 = a2 ). (ii) siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi menghasilkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung yang secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal sedang dan rendah, siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang menghasilkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung yang secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah (Fobs = 79,2731 > 3,118 = Ftabel dan rataan kolom b1 = 48,9286 < b2 = 67,4603 < b3 = 78,8462 ). (iii) tidak ada pengaruh bersama pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung ( Fobs = 1,1273 > 3,118 = Ftabel ) pada α �= 0,05.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Users 835 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:17
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6851

    Actions (login required)

    View Item