PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN SNOWBALLING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI SISWA (Studi Kasus Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010)

Nurhayati, Arin (2010) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN SNOWBALLING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI SISWA (Studi Kasus Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Arin Nurhayati, S830908002. “Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Snowballing Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori Siswa (Studi Kasus Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010)”. Tesis. Pembimbing I: Dr. Sugiyarto, M.Si, Pembimbing II: Dr. Sarwanto, M.Si. Prodi Magister Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2010. Pembelajaran IPA menuntut adanya peran aktif siswa dan cara berfikir kooperatif. Untuk itu dalam pembelajaran IPA perlu penerapan pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan Snowballing, dari motivasi belajar dan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baki (270 siswa). Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas (67 siswa). Kelas eksperimen pertama (VIII ) mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelas eksperimen kedua (VIII C ) mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif Snowballing. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar dan kemampuan memori, angket untuk motivasi belajar. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis variansi tiga jalan dengan isi sel tak sama. Uji komparasi ganda pada interaksi antar variabel menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: 1. model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif Snowballing; 2. B motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan menghasilkan prestasi belajar IPA yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 3. terdapat pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar IPA; 4. tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif yang digunakan dengan motivasi belajar siswa; 5. terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar IPA; 6. tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar IPA; 7. tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar IPA. Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw dan Snowballing, Sistem Pencernaan pada Manusia, Motivasi Belajar, Kemampuan Memori, Prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 20:08
    Last Modified: 18 Jul 2013 20:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6848

    Actions (login required)

    View Item