PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

NUGROHO, RIDWAN NUR CAHYO (2011) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (749Kb)

    Abstract

    Kehidupan bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Jika kualitas pendidikan rendah, maka akan berakibat pada rendahnya kualitas kehidupan bangsa. Kondisi pendidikan yang baik akan berdampak pada meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa. Kualitas pendidikan menunjukkan tingkat kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sumber daya manusia. Kualitas kehidupan menunjukkan bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungannya dan bagaimana mereka mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kemampuan dan pengetahuan yang baik pada manusia akan dapat menciptakan teknologi yang semakin canggih. Teknologi yang canggih akan mempermudah manusia mengatasi masalah-masalahnya dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Ini berarti kehidupan mereka dapat berjalan lebih mudah dan terorganisir. Dan sebaliknya, ketika kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki manusia masih rendah dan sangat terbatas, hal ini akan berpengaruh pada buruknya pola kehidupan mereka. Kualitas kehidupan bisa menjadi lebih baik dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Agar mampu memperbaiki kualitas pendidikan perlu dicermati masalah apa yang menyebabkan kualitas pendidikan itu rendah. Salah satu persoalan yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan adalah rendahnya mutu proses pembelajaran. Pendidikan di Indonesia cenderung sangat teoritik dan tidak terkait dengan lingkungan di mana siswa berada. Peserta didik akhirnya tidak mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini, guru lebih banyak mengejar target yang berorientasi pada nilai ujian akhir, dengan menggunakan model konvensional yang monoton. Baik buruknya hasil belajar diukur dari tes soal pada ujian akhir nasional. Proses pembelajaran dikejar dan diarahkan supaya siswa bisa mengejar target nilai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 19:49
    Last Modified: 18 Jul 2013 19:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6829

    Actions (login required)

    View Item