PERILAKU MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMASARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Dalam Memanfaatkan Facebook Sebagai Media Pemasaran Fashion)

Rejeki , Rafita Sri (2010) PERILAKU MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMASARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Dalam Memanfaatkan Facebook Sebagai Media Pemasaran Fashion). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (430Kb)

    Abstract

    Perkembangnya teknologi masa kini yaitu khususnya TEKNOLOGI INFORMASI INTERNET, FACEBOOK juga menjadikan berkembangnya salah satu situs layanannya yaitu facebook. Facebook bahkan sekarang bertambah fungsinya. Sekarang facebook bukan hanya menjadi situs jaringan pertemanan sosial saja, tetapi sudah bertambah fungsi yaitu menjadi salah satu media yang digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang salahsatunya adalah fashion. Hal tersebut menjadikan masyarakat khususnya kalangan mahasiswa menjadi lebih tertarik. Tujuan penelitian dalam studi ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa S1 Reguler Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam memanfaatkan media pemasaran fashion via facebook. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. dengan observasi yaitu pengamatan langsung yang dilakukan oleh peneliti di lokasi penelitian, wawancara yang dilakukan dengan pedoman wawancara yaitu interview guide. Informan adalah mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang mempunyai situs jejaring di internet yaitu facebook dan menjadi konsumen online dalam pemasaran fashion via facebook. Informan ditentukan berdasarkan purpossive sampling atau sample bertujuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisa interaktif. Model interaktif ini terdiri dari tiga komponen utama, di antaranya adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama, facebook merupakan situs jejaring sosial yang sekarang bertambah fungsi yaitu tidak hanya sebagai situs pertemanan saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran produk seperti pemasaran fashion secara online. Kedua, pemasaran fashion melalui facebook dipandang baik oleh semua mahasiswa yang dalam hal ini sebagai informan. Ketiga, Adapun beberapa perilaku mahasiswa dalam memanfaatkan media pemasaran fashion yaitu facebook di antaranya adalah perilaku mahasiswa yang acuh tak acuh terhadap pemasaran fashion via facebook; hanya sekedar melihat pemasaran fashion via facebook saja; perilaku yang melihat pemasaran fashion via facebook kemudian melakukan interaksi yaitu memberikan komentarnya; perilaku mahasiswa yang melihat dan mengambil keputusan untuk menjadi konsumen online. Keempat, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam memanfaatkan media pemasaran fashion via facebook adalah faktor budaya,ketertarikan terhadap fashion yang dipasarkan, faktor dari dalam diri, faktor harga barang, pengaruh dari luar dan faktor pilihan yang beragam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 18 Jul 2013 19:22
    Last Modified: 18 Jul 2013 19:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6802

    Actions (login required)

    View Item