STRATEGI BRANDING DJARUM BLACK DALAM MEMBENTUK PSIKO-KOMUNAL NEW COMMUNITY

Widodo, Andreas Slamet (2010) STRATEGI BRANDING DJARUM BLACK DALAM MEMBENTUK PSIKO-KOMUNAL NEW COMMUNITY. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (982Kb)

    Abstract

    Andreas Slamet Widodo, - Studi Kajian Budaya Pascasarjana Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Djarum Black merupakan main brand rokok light yang diproduksi oleh PT Djarum. Produk ini ikut meramaikan pasar sigaret kretek mesin di Indonesia, dimana persaingan bisnis rokok light semakin ketat maka terjadilah upaya-upaya yang dilakukan oleh PT Djarum dengan menerapkan berbagai macam strategi untuk memenangkan market share rokok light di Indonesia. Dikarenakan ketatnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap iklan rokok, maka PT Djarum menggunakan strategi intangible dalam menyebarkan pesan-pesan komunikasi untuk memasarkan brand produknya. Strategi brand yang dilancarkan adalah membentuk psiko- menguntungkan perusahaan untuk membangun brand loyalty konsumen urban terhadap brand produk yang akan disampaikan. Strategi brand menjadi sebuah fenomena yang sensasional dan dikemas dengan strategi yang tampak unique, sophisticated, dan innovative. Fokus permasalahan tesis ini adalah: Pertama, bagaimana konsep dan strategi Djarum Black dalam membentuk psiko- Kedua, apa nilai-nilai psiko- Djarum Black tersebut. Mengingat permasalahan yang dikaji adalah sebuah fenomena sosial dengan obyek sebuah perusahaan dan kelompok masyarakat yang memiliki latar belakang multi aspek; baik historis, psikologis maupun sosiologis; yang merupakan paradigma kualitatif, maka metode penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif. Berdasar tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu lebih menekankan pada upaya mengungkap makna atau nilai dari sebuah fenomena yang kompleks dalam sebuah pemaparan, maka ditekankan pada jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah interaksionisme simbolik, yang mana pendekatan ini berusaha memahami budaya lewat perilaku manusia yang terpantul dalam komunikasi. Interaksionisme simbolik lebih menekankan pada makna interaksi budaya sebuah komunitas. Makna esensial akan tercermin melalui komunikasi budaya antar komunitas. Pada saat berkomunikasi jelas banyak menampilkan simbol yang bermakna. Hasil analisis menunjukkan sebagai berikut: (1) konsep dan strategi Djarum Black yang dilakukan dengan cara memfokuskan event sebagai kekuatan utamanya, yaitu melibatkan publik secara langsung dalam event yang digelar (Brand Activation), akan semakin memperkuat hasil dari proses penanaman brand ke benak publik (mempengaruhi publik secara komunal). Prinsip New Wave Marketing inilah yang diadopsi oleh Djarum Black sebagai spesifikasi dalam proses pembangunan brand-nya. (2) konsep menjadi sebuah pijakan dasar yang sangat vital untuk menentukan tingkat kesuksesan atas suatu event, terutama jika kesuksesan itu dikaitkan dengan adanya ideologi yang menyertai dalam event tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa kesuksesan event yang dirancang melalui sebuah konsep yang matang akan memberikan keberhasilan dalam memasukkan ideologi ke publik konsumen sebagai sasarannya. Beroperasinya ideologi dibalikevent, tidak dapat dipisahkan dari mekanisme ketersembunyian (invisibility) dan ketidaksadaran (unconsciousness), yang merupakan kondisi dari keberhasilan sebuah ideologi. Artinya, ideologi itu menyusup dan menanamkan pengaruhnyalewat media dalam bentuk event yang dilakukan secara tersembunyi (tidak terlihatdan halus), dan secara tidak sadar akan berdampak mengubah pandangan maupun perilaku publik konsumen yang berentet akan mempengaruhi calon konsumenyang lain.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Kajian Budaya
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 19:03
    Last Modified: 18 Jul 2013 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6776

    Actions (login required)

    View Item