RELATIONSHIP MARKETING DAN PENINGKATAN BRAND IMAGE (Studi Korelasi Relationship Marketing pada Jasa Penyedia Layanan Akses Internet dan Meningkatkan Brand Image Bagi Pengguna Speedy Di Surakarta)

SARASWATI, ASTRID (2011) RELATIONSHIP MARKETING DAN PENINGKATAN BRAND IMAGE (Studi Korelasi Relationship Marketing pada Jasa Penyedia Layanan Akses Internet dan Meningkatkan Brand Image Bagi Pengguna Speedy Di Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (777Kb)

    Abstract

    Adanya era globalisasi, serta pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi yang terjadi dewasa ini mengakibatkan arus informasi dari komunikasi semakin cepat dan lancar. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pilihan fasilitas yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dan mengakses informasi secara mudah dan cepat. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di sektor jasa, maka perusahaan jasa penyedia layanan internet perlu memusatkan perhatiannya tidak hanya pada bagaimana cara menjalin dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dalam waktu yang lama dan tindakan tindakan pasca penjualan. Salah satu startegi yang sesuai dengan usaha dalam mempertahankan pelanggan adalah dengan relationship marketing, yaitu prinsip pemasaran yang menekankan dan berusaha untuk menarik dan menjaga hubungan yang baik dalam jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu relationship marketing sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen. Untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian ini menggunakan analisa correlation coefisien measurement Product Moment. Teknik ini menghasilkan perhitungan koefisian yang paling stabil karena mempunyai standar eror yang paling kecil. Populasi pada penelitian ini adalah para pengguna Speddy di area Surakarta. Sebanyak 100 orang yang dijadikan sampel dalam penelitian melalui perhitungan SPSS 11.5. Hasil dari analisa hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menunjukkan adanya relationship marketing yang mencakup understanding customer expectation, building service partnership, total quality management dan empowering employees berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan suatu brand image. Dengan nilai yang diperoleh rs masing – masing sebesar 0,605; 0,615; 0,602; 0,617 dan semuanya lebih besar dari 0,197. Hal ini berarti responden cenderung memiliki persepsi brand image Speedy yang baik karena responden percaya PT.Telkom selaku provider Speedy telah melakukan upaya pemberdayaan karyawannya sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menyelesaikan permasalahan konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:45
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6754

    Actions (login required)

    View Item