PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI DI KELAS VII SMP NEGERI I GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Barida, Siti Baroroh (2010) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI DI KELAS VII SMP NEGERI I GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (360Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode Quantum Teaching dengan menggunakan metode Ceramah pada pelajaran geografi kompetensi dasar keragaman bentuk muka bumi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Gatak Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan rancangan ”Control Group Pretest-Posttest Design”. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Gatak Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling atau teknik sampel sederhana yang melibatkan 80 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII F. Diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Kelas dipandang sebagai satu kesatuan kelompok, sehingga lima kelas pada populasi terdapat pula lima kelompok, di mana setiap kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes dalam bentuk obyektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga Fobs = 70,757, dan F tabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar F tabel = 3,08, berarti Fobs > Ftabel ( 70,757 > 3,08 ), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor hasil belajar siswa antara metode Quantum Teaching dengan metode Ceramah (67,60% dengan 60 %). Dengan demikian metode Quantum Teaching lebih baik dibanding dengan metode Ceramah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:39
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6743

    Actions (login required)

    View Item