MENJELASKAN PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING: SEBUAH PERSPEKTIF DARI PERLUASAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN VARIABEL PERSEPSI NILAI MOBILITAS DAN PERSEPI KENIKMATAN

Fasita, Delariza Rika (2011) MENJELASKAN PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING: SEBUAH PERSPEKTIF DARI PERLUASAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN VARIABEL PERSEPSI NILAI MOBILITAS DAN PERSEPI KENIKMATAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (716Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memverifikasi apakah TAM dapat digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi penerimaan pengguna mobile banking. Penelitian ini menggunakan dua faktor yang menjelaskan perbedaan- perbedaan individual, yaitu persepsi nilai mobilitas dan persepsi kenikmatan, yang diadaptasi dari Huang et al. (2006). Populasi pada penelitian ini adalah nasabah bank pengguna jasa mobile banking. Sampel dari 131 responden didapat dengan menggunakan metode purposive sampling di mana kriteria responden adalah pengguna mobile banking. Konstruk yang digunakan dalam model diukur dengan menggunakan item pengukuran yang diadaptasi dari penelitian TAM yang pernah ada. Hasil menunjukkan bahwa data cocok dengan perluasan model TAM ini dan persepsi nilai mobilitas dan persepsi kenikmatan dapat mempengaruhi niat seseorang untuk menggunakan mobile banking. Secara keseluruhan, persepsi nilai mobilitas dan persepsi kenikmatan dimungkinkan untuk digunakan dalam memprediksi penerimaan pengguna mobile banking.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:32
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6725

    Actions (login required)

    View Item