STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN LINGKARAN HIDROKARBON PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Utami, Esti (2011) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN LINGKARAN HIDROKARBON PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1971Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar aspek kognitif siswa antara penggunaan metode STAD yang dilengkapi LKS dan metode STAD yang dilengkapi Lingkaran Hidrokarbon pada materi pokok hidrokarbon dan (2) perbedaan prestasi belajar aspek afektif siswa antara penggunaan metode STAD yang dilengkapi LKS dan metode STAD yang dilengkapi Lingkaran Hidrokarbon pada materi pokok hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X.7 sebagai kelas eksperimen I (STAD dengan media LKS) dan kelas X.8 sebagai kelas eksperimen II (STAD dengan media Lingkaran Hidrokarbon) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t- dua pihak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar aspek kognitif siswa antara penggunaan metode STAD yang dilengkapi LKS dan metode STAD yang dilengkapi Lingkaran Hidrokarbon pada materi pokok hidrokarbon. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest sebesar 68,000 untuk kelas eksperimen I dan 73,632 untuk kelas eksperimen II (2) terdapat perbedaan prestasi belajar aspek afektif siswa antara penggunaan metode STAD yang dilengkapi LKS dan metode STAD yang dilengkapi Lingkaran Hidrokarbon pada materi pokok hidrokarbon. Hal ini terlihat dari rata- rata nilai posttest sebesar 89,553 untuk kelas eksperimen I dan 95,816 untuk kelas eksperimen II

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:30
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6717

    Actions (login required)

    View Item