HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI TK AL FATH KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI

ROSITA, ANI (2008) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI TK AL FATH KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img] PDF - Published Version
Download (629Kb)

    Abstract

    Toilet training merupakan suatau usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Mengingat pentingnya melatih anak untuk melakukan toilet training, maka diperlukan usaha- usaha untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam menerapkan toilet training pada anak yaitu dengan memberikan suatu penyuluhan. Selain itu pendidikan yang tinggi dan ditunjang dengan sikap ibu atau keluarga yang baik dalam menerapkan toilet training pada anak juga dapat melatih anak untuk melakukan toilet training secara mandiri. Penelitian ini menggunakan desain cross cestional. Lokasi penelitian dilakukan di TK Al Fath Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Sampel yang digunakan adalah ibu yang memiliki anak usia toddler yang bersekolah di Play group TK Al Fath Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Metode penentuan sampel menggunakan non probability sampling dengan purposif sampling. Sedangkan variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independent yaitu pendidikan dan sikap ibu dalam menerapkan toilet training, variabel dependentnya adalah tindakan ibu dalam menerapkan toilet training. Data diambel dengan menggunakan kuisioner dan observasi. Setelah di tabulasi kemudian dianalisa dengan menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan responden dalam menerapkan toilet training tinggi 53%, sedang 33%, dan pendidikan rendah 14%. Sikap responden dalam menerapkan toilet training baik 66%, cukup 20%, dan kurang 16%. Tindakan responden dalam menerapkan toilet training baik 76%, cukup 16%, dan kurang 8%. Hasil uji statistik antara tingkat pendidikan dan sikap ibu dalam menerapkan toilet training diperoleh hasil 0,371 dengan tingkat signifikan, antara sikap dan tindakan ibu dalam menerapkan toilet training diperoleh hasil 0,781 dengan tingkat signifikan 5%, dan hubungan antara tingkat pendidikan dan sikap ibu dalam tindakan menerapkan toilet training diperoleh hasil 0,397. Dengan demikian terdapat hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Sikap Ibu dalam Penerapan Toilet Training Pada Anak Toddler.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:41
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6702

    Actions (login required)

    View Item