Hubungan Penguasaan Teori Ketrampilan Dasar Praktik Klinik dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

Fitria, Lisa (2010) Hubungan Penguasaan Teori Ketrampilan Dasar Praktik Klinik dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1378Kb)

    Abstract

    Lisa Fitria. S 540908016. Hubungan Penguasaan Teori Ketrampilan Dasar Praktik Klinik dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Tesis: Program Studi Pendidikan Profesi Kesehatan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya : 1) hubungan antara penguasaan teori keterampilan dasar praktik klinik dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa; 3) hubungan antara penguasaan teori keterampilan praktik klinik dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi sumber dalam konteks penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akademi Kebidanan kota Surakarta, sedangkan populasi sasaran adalah mahasiswa Akademi Kebidanan Citra Medika Surakarta. Data dikumpulkan dengan teknik Tes objektif bentuk pilihan ganda, Angket, dan Dokumentasi. Validitas tes penguasaan teori Keterampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) menggunakan validitas konstruk atau validasi konseptual. Sementara itu, reliabilitas tes Penguasaan Teori Keterampilan Dasar Praktik Klinik digunakan rumus statistik (KR-20). Untuk mengetahui tingkat validitas butir pernyataan angket motivasi berprestasi digunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Koefisien α Cronbach. Uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilliefors; Uji linearitas dan keberartian regresi menggunakan teknik anava. Teknik Analisis Data yang digunakan yaitu deskriptif dan interfensial/teknik regresi (sederhana dan ganda). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, pertama, ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan teori ketrampilan dasar praktik klinik dan prestasi belajar mahasiswa. Hal itu terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 258,45 > Ft sebesar 3,99 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 64 pada taraf nyata α = 0,05. Kedua, ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 146,88 > Ft sebesar 3,99 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 64 pada taraf nyata α = 0,05. Ketiga, ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan teori ketrampilan dasar praktik klinik dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 4,25 > Ft sebesar 3,99 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 64 pada taraf nyata α = 0,05.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:23
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6692

    Actions (login required)

    View Item