KUALITAS PELAYANAN DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA SURAKARTA ( Studi terhadap Pelayanan Pencari Kerja)

Setyarning, Nia (2010) KUALITAS PELAYANAN DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA SURAKARTA ( Studi terhadap Pelayanan Pencari Kerja). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (510Kb)

    Abstract

    Nia Setyarning, D1108514. “KUALITAS PELAYANAN DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA, DAN TRANSMIGRASI KOTA SURAKARTA, (studi terhadap pelayanan pencari kerja)” Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010, 70 halaman. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada tenaga kerja pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Surakarta. Manfaat penelitian antara lain meliputi manfaat bagi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan transmigrasi Kota Surakarta dan bagi peneliti berikutnya. Skripsi ini mengkaji tentang kualitas pelayanan terhadap tenaga kerja oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi langsung ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta, wawancara dengan pegawai Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta dan studi pustaka. Sumber data yakni: sumber data primer dan sumber data sekunder. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, dengan data yang sama yang berasal dari pencari kerja. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Surakarta sebagai lembaga public yang menangani masalah ketenagakerjaan. Berdasarkan data dilapangan jumlah pencari kerja menurun dan yang ikut program kerja jumlahnya masih relatif kecil. Oleh karena itu dibutuhkan pelayanan yang berkualitas dengan indikator-indikator sebagai berikut bukti langsung (tangibles) meliputi kesiapan pegawai Dinsosnakertrans dan sarana komunikasi yang disediakan di Dinsosnakertrans, keandalan (realibility) meliputi kecekatan pelayanan, ketepatan pelayanan, dan batasan waktu dalam pelayanan, daya tanggap (responsiveness) meliputi kesedian pelayanan, dan tanggap pada keluhan pencari kerja, dan empati (emphaty) meliputi kebosanan dalam pelayanan dan penyampaian informasi kepada pencari kerja. Berdasarkan hal tersebut maka diharapkan Dinsosnakertrans mampu memberikan pelayanan yang berkualitas Berdasarkan hasil penelitian dapat ditaik kesimpulan bahwa pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta keadaan papan dan lowongannya kurang menarik, kesediaan dalam melayani, ketidaktepatan penulisan biodata pencari kerja dan kurangnya pada perhatian pencari. Saran penulis mengenai kelemahan tersebut yakni : perbaikan papan, lowongan dibuat lebih inovatif, bersedia melayani pencari kerja, ketepatan pelayanan, dan memberikan perhatian pada pencari kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:08
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6651

    Actions (login required)

    View Item