PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN SUDUT DALAM PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NYAMPLUNG GAMPING SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Pramono, Sidiq (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN SUDUT DALAM PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NYAMPLUNG GAMPING SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (843Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan pemahaman pengukuran sudut dalam pelajaran Matematika melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nyamplung Tahun Pelajaran 2010/2011; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan bentuk pendekatannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini menggambarkan serangkaian langkah yang membentuk siklus. Setiap langkah tersebut terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nyamplung, Gamping Sleman. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 12 orang siswa yaitu 4 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: observasi, wawancara, tes hasil belajar dan perekaman. Validitas data dalam penelitian ini menggunkan dua trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan siswa yang belajar tuntas pada siklus I hanya 66,67% atau meningkat 41,67% dari keadaan awal, namun hasil ini belum mencapai target penelitian yang mematok siswa belajar tuntas sebanyak 90%. Penelitian kemudian dilanjutkan ke siklus II. Siswa yang belajar tuntas pada siklus II ini mengalami peningkatan, yaitu 91,67% siswa telah mencapai KKM yang ditentukan (nilai 70), dari hasil siklus II ini maka penelitian telah berhasil. Untuk proses pembelajaran terjadi peningkatan keaktifan siswa dan keluwesan guru dalam mengajar menggunakan model pembelajaran kontekstual. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman pengukuran sudut dalam pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Nyamplung, Gamping, Sleman Tahun Pelajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:01
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6622

    Actions (login required)

    View Item