PENENTUAN ALOKASI ANGGARAN PENGADAAN PRODUK MULTI­ CATEGORY SINGLE­PERIOD SEBAGAI UPAYA MEMINIMASI PENUMPUKAN INVENTORY DI MOVEABLE DISTRO AND CLOTH

Novita, Nila (2009) PENENTUAN ALOKASI ANGGARAN PENGADAAN PRODUK MULTI­ CATEGORY SINGLE­PERIOD SEBAGAI UPAYA MEMINIMASI PENUMPUKAN INVENTORY DI MOVEABLE DISTRO AND CLOTH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1242Kb)

    Abstract

    Nila Novita, NIM : I 0303039. PENENTUAN ALOKASI ANGGARAN PENGADAAN PRODUK MULTI­CATEGORY SINGLE­PERIOD SEBAGAI UPAYA MEMINIMASI PENUMPUKAN INVENTORY DI MOVEABLE DISTRO AND CLOTH . Skripsi. Surakarta. : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Juli 2009. Moveable Distro and Cloth merupakan salah satu distro di Solo yang belum memiliki suatu ketetapan aturan dalam pengalokasian anggaran untuk menentukan volume pembelian setiap kategori produk. Pengadaan produk masih berdasarkan intuisi manajemen tanpa melakukan sistem perhitungan data dan analisa secara akurat. Oleh karena itu diperlukan suatu model optimasi untuk membantu perencanaan pengalokasian anggaran produk sehingga diperoleh solusi optimum. Pada penelitian ini digunakan model inventory multi­category single­period untuk mengolah data. Dari pengumpulan data diperoleh data mengenai jenis produk yang dijual di Moveable Distro and Cloth, harga jual tiap produk, harga dasar (harga beli) tiap produk, harga obral tiap produk, biaya penalty tiap produk dan anggaran untuk stok produk. Keseluruhan jenis produk selanjutnya dikategorikan menjadi 7 (tujuh) kategori produk. Dari data tersebut kemudian diperoleh nilai rata­rata harga jual, harga beli, harga obral dan biaya penalty tiap kategori produk. Kemudian dilakukan iterasi untuk menentukan ukuran pemesanan optimum dengan mencari nilai Lagrange Multiplier yang berkisar dari 0 hingga 1. Sebagai validasi, besarnya biaya pembelian kategori produk dibandingkan dengan besarnya anggaran yang dimiliki oleh Moveable Distro and Cloth. Hasil dari pengalokasian anggaran pengadaan produk dengan menggunakan model inventory multi­category single­period di Moveable Distro and Cloth adalah alokasi anggaran untuk produk T­ shirt yaitu 28% dari anggaran Moveable Distro and Cloth, produk jacket sebesar 21%, produk celana dan rok sebesar 11%, produk tas sebesar 11%, produk topi dan belt sebesar 10%, produk aksesories sebesar 12% dan produk sandal sebesar 7% dari anggaran Moveable Distro and Cloth. Kata kunci: system informasi distro, anggaran pengadaan produk, multi­category single­period, nilai Lagrange Multiplier. xv + 70 halaman; 20 tabel; 6 gambar; 51 lampiran Daftar pustaka : 12 (1992­2007)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:00
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6615

    Actions (login required)

    View Item