PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN SERTA DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Materi Koloid Siswa Kelas XI SMA Panca Bhakti Magetan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009)

SURYANINGTYAS , LIA (2010) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN SERTA DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Materi Koloid Siswa Kelas XI SMA Panca Bhakti Magetan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (150Kb)

    Abstract

    LIA SURYANINGTYAS. PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. (Studi Kasus Pembelajaran Kimia Materi Koloid Siswa Kelas XI Semester 2 di SMA Panca Bhakti Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009). Tesis. Surakarta : Progam Studi Pendidikan Sains Progam Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.2010. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M,Pd (NIP 195201161980031001). Pembimbing II Dra. Suparmi, M.A, Ph.D. (NIP 195209151976032001) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1)Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa, (2) Pengaruh kemampuan siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, (3) Pengaruh aktivitas belajar siswa tinggi dan aktivitas belajar siswa rendah terhadap prestasi belajar, (4) Interaksi penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi dilihat kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa, (5) Interaksi penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi dengan aktifitas siswa terhadap prestasi belajar, (6) Interaksi pendekatan inkuiri terbimbing dilihat kemampuan awal dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (7) Interaksi pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemampuan awal dan aktivitas terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester 2 SMA Panca Bhakti Magetan Tahun Pelajaran 2008 – 2009. sebanyak 4 kelas. Pengambilan data melalui metode tes dan angket. Uji validitas dan reabilitas menggunakan progam MINITAB. Persyaratan analisis meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji Ryan-Joiner dan uji homogenitas dengan memakai uji F. Nilai a = 0,05. Data yang diperoleh terbukti normal dan homogen. Kesimpulan penelitian : (1) Prestasi belajar metode Eksperimen (rerata 69,27) lebih baik dari pada metode demonstrasi (rerata 58,98) p-value 0.000, (2) Prestasi belajar kemampuan awal siswa tinggi (rerata 70,90) lebih baik dari yang rendah (rerata 59,05) p-value 0.000, (3) Prestasi belajar aktivitas belajar tinggi (rerata 68,35) lebih baik dari yang rendah (rerata 60,86) p-value 0.001, (4) Ada interaksi metode experimen (75,68 vs 61,66) p-value 0.000 dengan kemampuan awal, dan metode demonstrasi (62,64 vs 57,16) p-value 0.088, (5) Tidak ada interaksi antara metode eksperimen (72,06 vs 66,64 ) p-value 0.080 dengan aktivitas dan metode demonstrasi (63,86 vs 55,39) p-value 0.005 ,(6) Tidak ada interaksi antara kemampuan awal dengan Aktivitas belajar pada Metode eksperimen (68,44 vs 58,62) p-value 0.097 dan metode demonstrasi (61,68 vs 53,72) p-value 0.018 (7) Tidak ada interaksi antara metode, kemampuan awal dan Aktivitas belajar terhadap prestasi belajar kimia p-value 0.317. Kata Kunci : Pembelajaran Kimia, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Awal, Aktivitas, Koloid

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:58
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6607

    Actions (login required)

    View Item