DESAIN GRAFIS DAN TATA LETAK IKLAN DISPLAY DI HARIAN UMUM SOLOPOS

SUSANTO, ANDHI (2009) DESAIN GRAFIS DAN TATA LETAK IKLAN DISPLAY DI HARIAN UMUM SOLOPOS. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (485Kb)

    Abstract

    Komunikasi dapat dikatakan sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena hampir sebagian besar kehidupan manusia tidak luput dari komunikasi. Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannnya (Widjaya, 2000). Komunikasi sangat berperan dalam berbagai aspek kehidupan manusia (sosial, ekonomi, politik, budaya dan lain lain). Pada dasarnya, komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, dapat diterima dan dimengerti, mereka memerlukan sebuah media. Media yang digunakan sangat beragam tergantung pada tujuan dan jenis komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi yang berlangsung dari waktu ke waktu telah memberi perubahan terhadap cara-cara manusia berkomunkasi. Komunikasi tidak hanya dilakukan secara langsung seperti tatap muka, tetapi juga secara tidak langsung melalui sarana atau media. xiii Untuk menyebarkan informasi ke masyarakat, media massa sangat efektif untuk digunakan. Karena hanya dengan menyampaikan sebuah pesan satu kali, pesan yang disampaikan sudah dapat diterima oleh masyarakat dalam jumlah yang besar. Melalui media-media massa yang ada, pesan yang menyangkut peristiwaperistiwa penting dari berbagai belahan dunia, opini, berita, ilmu pengetahuan dan berita yang bersifat hiburan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu media massa tersebut adalah surat kabar. Surat kabar adalah salah satu jenis media cetak yang menyiarkan informasi dalam bentuk berita, artikel, tajuk rencana, foto kejadian dan iklan. Surat kabar diterbitkan secara berkala, harian pagi, harian sore, mingguan bahkan bulanan. Kebanyakan surat kabar terbit secara rutin setiap hari. Sebagai media komunikasi, Surat kabar ataupun media cetak mempunyai peranan yang besar dalam rangka penyampaian informasi. Salah satunya adalah informasi atau pesan yang mendorong, membujuk, mengingat, dan memberikan keterangan kepada masyarakat tentang suatu produk berupa barang dan jasa yang akan ditawarkan. Pesan tersebut adalah iklan. Iklan memiliki peran sangat vital dalam sebuah bisnis penerbitan surat kabar. Berkembang atau tidaknya sebuah surat kabar tergantung pada banyak sedikitnya iklan yang terpasang. Hal ini merupakan bentuk kepercayaan pemasang iklan untuk beriklan lewat media surat kabar tersebut. xiv Banyaknya iklan yang dimuat memberi bukti bahwa surat kabar tersebut merupakan salah satu media promosi yang efektif bagi pemasang iklan untuk memasarkan produknya. Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang mempunyai peran untuk menciptakan, membina dan menggerakan sales atau merangsang pembelian dari konsumen. Sebelum memasang iklan, pengiklan tentunya akan mempertimbangkan terlebih dahulu untung ruginya jika beriklan di surat kabar tersebut. Mereka akan memperhatikan beberapa hal mulai dari prospek, jangkauan surat kabarnya, kalangan pembaca dan citra surat kabar di mata masyarakat. Iklan sangat berpengaruh terhadap kemajuan surat kabar itu sendiri. Dan tak dapat disangkal bahwa iklan merupakan sumber dana yang penting untuk menopang biaya operasional/produksi surat kabar. Sebagaimana yang diungkapkan oleh S.L Batubara (1991), seperti dikutip UU pokok Pers No 21 tahun 1982 pasal 31 ayat (6) bahwa media periklanan merupakan salah satu unsur penunjang yang penting dalam perkembangan usaha penerbitan surat kabar. Berdasarkan uraian dia atas, dapat diperoleh gambaran bahwa iklan adalah komponen yang sangat penting dalam terbitnya sebuah surat kabar. Dengan adanya iklan maka perusahaan akan mendapatkan pemasukan yang nantinya akan digunakan untuk biaya operasional dan produksi surat kabar. Selain iklan, hasil penjualan surat kabar juga ikut mendukung kemajuan surat kabar tersebut. Salah satu yang menentukan keberhasilan iklan surat kabar adalah aspek visual/desain. xv Para pembaca surat kabar biasanya akan melihat desain terlebih dahulu sebelum membaca isi pesan iklan yang disampaikan. Desain sebuah iklan yang menarik/menonjol sangat mungkin untuk dibaca dan diterima oleh masyarakat. Dalam hal ini, seorang perancang grafis media/iklan dituntut kreativitasnya untuk menampilkan desain yang apik, komunikatif dan memberi rangsangan pembaca untuk melihat dan mengetahui isi pesan iklan yang akan disampaikan. Harian umum SOLOPOS, sebagai salah satu media massa cetak lokal yang terbit di daerah Solo, Surakarta dan eks karesidenan Surakarta dituntut harus mampu bersaing dan berkembang di tengah persaingan antar media massa yang beredar di masyarakat Solo pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Sebagai Koran lokal daerah Solo, SOLOPOS sangat potensial untuk mempromosikan barang atau jasa di wilayah Surakarta, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen dan Karanganyar. Daerah tersebut merupakan daerah jangkauan pembaca SOLOPOS. Sehingga untuk menjangkau masyarakat di beberapa daerah tersebut, beriklan di SOLOPOS adalah langkah yang sangat bijak. Meskipun demikian, hadirnya surat kabar berskala nasional di wilayah Solo juga menjadi tantangan tersendiri bagi SOLOPOS. Untuk mengatasi persaingan dalam menjaring iklan, diperlukan membuat rancangan layout/tata letak iklan dan desain surat kabar sedemikian rupa agar tampilan surat kabar tersebut menjadi lebih menarik, komunikatif dan artistik. Dan juga berita yang up to date setiap hari. xvi B. Tujuan Dalam pelaksanaan kuliah kerja media (KKM) ini, penulis bekerja di bagian layout/desain. Tetapi dalam tugas akhir ini penulis lebih memfokuskan pada desain dan tata letak iklan kolom/display di harian umum SOLOPOS. Bagian desain/layout adalah bagian yang menentukan arah perwajahan surat kabar SOLOPOS. Bagian ini dituntut untuk membuat perwajahan/tata letak surat kabar menjadi menarik dan enak untuk dibaca. Bagian ini mengolah semua berita dari para redaktur, foto dari para fotografer dan iklan menjadi bentuk tampilan sebuah surat kabar yang menarik untuk diterbitkan keesokan harinya. Secara umum KKM ini dimaksudkan untuk memperoleh pengalaman dan menambah pengetahuan di bidang desain/layout. Penulis dalam melaksanakan KKM di harian umum SOLOPOS memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui berbagai pekerjaan desain dan tata letak iklan di surat kabar SOLOPOS. 2. Untuk mengetahui alur kerja di bagian desain/layout iklan display khususnya pada harian umum SOLOPOS. 3. Menambah pengetahuan di bidang periklanan media cetak. 4. Untuk mengenal lebih dekat tentang dunia kerja di bidang periklanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 18 Jul 2013 18:02
    Last Modified: 18 Jul 2013 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6604

    Actions (login required)

    View Item