ANALISA KEMUNGKINAN PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT ISLAM KUSTATI SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan)

MEGAWATI, DANIKA SAKTI (2010) ANALISA KEMUNGKINAN PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT ISLAM KUSTATI SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah unit bisnis. Ini dikarenakan pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok. Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki rumah sakit. Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja Balance Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Penulis memilih menggunakan Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta karena selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan masih menitik beratkan pada aspek keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan antara pengukuran kinerja dengan standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan dengan metode pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard . Hasil analisa yang sudah dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pengukuran kinerja Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta memungkinkan untuk menerapkan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja melalui perspektif konsumen, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan adalah cukup baik. Penulis menyarankan Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta untuk menerapkan sistem pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard melalui keempat perspektif secara lengkap, sehingga kinerja perusahaan dapat diukur secara menyeluruh. Kata kunci : Balanced Scorecard , pengukuran kinerja, standar pengukuran pelayanan jasa kesehatan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:57
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6602

    Actions (login required)

    View Item