HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA PIHAK AYAH, PIHAK IBU, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 6 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Puri, Ratika Satya (2011) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA PIHAK AYAH, PIHAK IBU, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 6 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2205Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Intensitas Bimbingan Orang Tua pihak Ayah dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011; (2) Hubungan antara Intensitas Bimbingan Orang Tua pihak Ibu dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011; (3) Hubungan antara Pemanfaatan sumber Belajat dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011; (4) Hubungan antara Hubungan antara Intensitas Bimbingan Orang Tua pihak Ayah, pihak Ibu dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011, sejumlah 240 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hipotesis 1 “Ada hubungan positif Intensitas Bimbingan Orang Tua pihak Ayah dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rx1y sebesar 0,406 dan ρ = 0,002. (2) hipotesis 2 “Ada hubungan positif antara Intensitas Bimbingan Orang Tua pihak Ayah dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rx2y sebesar 0,425 dan ρ =0,001. (3) hipotesis 3 “Ada hubungan positif antara pemanfaatan Sumber Belajar dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rx3y sebesar 0,526 dan ρ = 0,000. (4) hipotesis 4 “Ada hubungan positif antara Intensitas Bimbingan Orang Tua Pihak Ayah, Pihak Ibu, Dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Kedisiplinan Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan Ry(X1,2, 3) sebesar 0,570 dan ρ = 0,000.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:55
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6584

    Actions (login required)

    View Item