STUDI KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI DENGAN MENGGUNAKAN TIGA PENDEKATAN (KASUS PADA FASILITAS PEJALAN KAKI GALABO SURAKARTA)

WARDHANI, M. AYU CHANDRA KUSUMA (2010) STUDI KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI DENGAN MENGGUNAKAN TIGA PENDEKATAN (KASUS PADA FASILITAS PEJALAN KAKI GALABO SURAKARTA). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Pedestrian merupakan salah satu sistem dari macam macam sistem transpotasi, dalam suatu sistem akan slalu mempengaruhi satu sama lain.Apabila satu sistem tergangu, maka akibatnya tidak hanya dirasakan oleh sistem yang bersangkutan saja tetapi akan mempengaruhi juga pada sistem yang lain.Pada dasarnya kinerja lalu lintas pejalan kaki diekspresikan dengan cara yang mirip dengan ekspresi kinerja lalu lintas kendaraan yaitu dengan arus, kecepatan, dan kepadatan yang saling berhubungan. Pada penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Gladak Langen Bogan (Galabo), Surakarta. Tujuan dari penelitian tersebut adalah mengetahui karakteristik pejalan kaki ( arus, kecepatan, kepadatan), mengetahui hubungan antar variabel pergerakan pejalan kaki dan nilai maximum variabel serta mengetahui kapasitas dan tingkat pelayanan pejalan kaki. Dan membandingkan nilai kolerasi ( r ) dari Metode analisis yang digunakan yaitu, metode Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan metode analisis. Metode survei yakni dengan menggunakan teknik manual dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Dari hasil survei di lapangan didapatkan data jumlah pejalan kaki dan waktu tempuh pejalan kaki. Sedangkan metode analisis yakni dengan menggunakan metode metode Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Hasil analisis menunjukkan bahwa Variabel max adalah sebagai berikut menurut greenshields Dm = 0,455 pends/m2 , Vm = 25,38 m/min , Qm = 11,54 pends/min/m , Menurut Greenberg Dm = 0,0232 pends/m2 , Vm = 10,88 m/min , Qm = 0,25 pends/min/m Menurut Underwood Dm = 0,858 pends/m2 , Vm = 18,66 m/min , Qm = 16,02 pends/min/m. Sedangkan tingkat pelayanan termasuk tingkat pelayanan “B”. Menurut John. J. Fruin, standar perencanaan fasilitas pejalan kaki di daerah perkotaan (urban) pada tingkat pelayanan B dan C, hal ini berarti fasilitas pejalan kaki di jalan kaki di Galabo Surakarta masih memenuhi standar perencanaan, dan masih mampu menampung jumlah pejalan kaki yang ada. Sedangkan nilai kolerasi ( r ) metode yang paling sesuai adalah metode Greenberg nilai r = -0,705. Kata kunci: Variabel, level of service, Kolerasi Greenshields, Greenberg, Underwood.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:50
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6567

    Actions (login required)

    View Item