ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 48 – 60 BULAN DI DESA MUDAL BOYOLALI TAHUN 2009

Apriastuti, Dwi Anita (2010) ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 48 – 60 BULAN DI DESA MUDAL BOYOLALI TAHUN 2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (690Kb)

    Abstract

    Dwi Anita A, S540908005, 2010 Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang tua dengan Perkembangan Anak Usia 48 – 60 Bulan Di Desa Mudal Boyolali Tahun 2009 . Tesis : Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara : (1) Tingkat pendidikan dengan perkembangan anak, (2) Pola asuh orang tua dengan perkembangan anak, (3) Perbedaan pola asuh orang tua dengan perkembangan Anak usia 48 – 60 bulan jika dikontrol oleh tingkat pendidikan di Desa Mudal Boyolali. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan cross sectional design. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia 48 – 60 bulan di Desa Mudal Boyolali. Teknik sampling yang digunakan adalah Area Sampling. Teknik pengumpulan data untuk pendidikan, pola asuh orang tua menggunakan kuesioner sedang perkembangan anak menggunakan test DENVER II. Teknik analisis data untuk hipotesis I menggunakan Person Product Moment, hipotesis II menggunakan teknik One Way Anova, hipotesis III menggunakan teknik Ancova. Pengolahan data menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS versi 13.0 for windows. Hasil dan Pembahasan : Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5% diperoleh : (1) Ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan perkembangan anak diperoleh nilai p ,000( <0,05) dan r : 0,678; (2) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan perkembangan anak, diperoleh nilai p ,000 dan nilai F : 25,658; (3) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak jika dikontrol dengan pendidikan, diperoleh nilai p ,000 (<0,005) dan r squared 74,7%. Antara pola asuh dengan pendidikan didapatkan nilai sig 0,759 berarti terdapat kesamaan regresi atau tidak ada interaksi antara pola asuh dengan pendidikan, dan hasil output menunjukkan variabel covariat ternyata signifikan. Saran : Penyuluhan akan pendidikan dan pentingnya dalam penerapan pengasuhan anak sangat dibutuhkan di daerah – daerah yang jauh dari perkotaan, hal ini dapat dilakukan melalui media maupun tenaga kesehatan demi generasi penerus yang baik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:47
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6544

    Actions (login required)

    View Item