KETERKAITAN ANTARA ATRIBUT SOLO BATIK CARNIVAL DENGAN KEPUASAN WISATAWAN DAN WORD OF MOUTH (WOM)

Bintari, Yuda (2011) KETERKAITAN ANTARA ATRIBUT SOLO BATIK CARNIVAL DENGAN KEPUASAN WISATAWAN DAN WORD OF MOUTH (WOM). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1317Kb)

    Abstract

    Penelitian ini memfokuskan pada salah satu agenda even pariwisata di Kota Solo yang bernama Solo Batik Carnival. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut Solo Batik Carnival terhadap kepuasan wisatawan, dimana kepuasan wisatawan juga berpengaruh terhadap Word of Mouth (WOM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah terstruktur sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi Solo dan menyaksikan acara Solo Batik Carnival. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 209 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hierachical Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum atribut Solo Batik Carnival berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, dimana kepuasan wisatawan juga berpengaruh terhadap Word of Mouth. Terdapat perbedaan yang signifikan diantara atribut Solo Batik Carnival dan kepuasan wisatawan dilihat dari karakteristik demografi. Secara empiris terbukti bahwa hubungan antara atribut Solo Batik Carnival dengan kepuasan wisatawan dipengaruhi secara signifikan oleh karakteristik demografi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin puas wisatawan terhadap Solo Batik Carnival mengakibatkan semakin tinggi wisatawan untuk melakukan Word of Mouth tentang Solo Batik Carnival pada orang lain. Saran untuk penelitian ini adalah pihak penyelenggara Solo Batik Carnival perlu memiliki public relation yang kompeten dan sensitif terhadap isu-isu mutu even pariwisata. Selain itu, pihak penyelenggara perlu menyusun standar mutu penyelenggaraan penyelenggara Solo Batik Carnival yang didasarkan pada kriteria-kriteria keunikan, keaslian, keindahan, keamanan, dan lain-lain. Kata Kunci: atribut Solo Batik Carnival, kepuasan wisatawan, karakteristik demografi, dan Word of Mouth (WOM).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:41
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6520

    Actions (login required)

    View Item