PENERAPAN METODE DRILL MELALUI POLA PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IIB SDN GENTAN 01 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SETIYAWAN, HENDRI (2011) PENERAPAN METODE DRILL MELALUI POLA PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IIB SDN GENTAN 01 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (524Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode drill melalui pola permainan pada siswa kelas IIB SDN Gentan 01 Baki Sukoharjo. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian, sedangkan varibel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode drill melalui pola permainan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IIB SDN Gentan 01 Baki Sukoharjo yang berjumlah 22 siswa. Peneliti dalam mengambil subjek bukan secara individual, tetapi secara klasikal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif dan interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1 Dari segi afektif terdiri dari : a. Prosentase perhatian siswa pada siklus I menunjukkan angka 66,67% (14 siswa), pada siklus II sebesar 75% (15 siswa) dan pada siklus III sebesar 82% (18 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan di lihat dari segi perhatian siswa dari siklus I, siklus II ke siklus III b. Prosentase tanggung jawab siswa pada siklus I menunjukkan angka 66,77% (14 siswa), pada siklus II sebesar 75%(15 siswa) dan pada siklus III sebesar 86% (19 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan di lihat dari segi tanggung jawab siswa dari siklus I, siklus II ke siklus III 2 Prosentase dari segi psikomotorik siswa pada siklus I menunjukkan angka 62% (13 siswa), pada siklus II sebesar 70% (14 siswa) dan pada siklus III 82% (18 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan di lihat dari segi psikomotori siswa dari siklus I, siklus II ke siklus III 3 Prosentase dari segi kognitif siswa pada siklus I menunjukkan angka 66,67% (14 siswa), pada siklus II sebesar 75% (15 siswa) dan pada siklus III sebesar 95,45% ( 21 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan di lihat dari segi kognitif siswa dari siklus I, siklus II ke siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill melalui pola permainan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas IIB SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 860 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:37
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6508

    Actions (login required)

    View Item