HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TATA RUANG KULIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Utami, Amalia (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TATA RUANG KULIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (211Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan aspek yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Maju tidaknya suatu negara bisa dilihat dari rata – rata tingkat pendidikan warga negaranya. Pendidikan di Indonesia boleh dikatakan masih jauh tertinggal dari bangsa – bangsa lain di dunia. Dalam suatu pelaksanaan pendidikan mencakup suatu proses pembelajaran. Proses pembelajaran menunjukkan suatu rangkaian kegiatan yang menyeluruh menyangkut berbagai faktor dan situasi di sekitarnya. Sehingga berhasil atau tidaknya suatu kegiatan pembelajaran tergantung pada faktor – faktor yang mempengaruhinya. Proses pembelajaran itu sendiri merupakan suatu proses yang berlangsung terus menerus sepanjang hidup manusia. Tentunya pembelajaran di sini dimaksudkan tidak terbatas pada tempat, ilmu, usia dsb. Melainkan dalam arti luas. Kegiatan pembelajaran di kampus dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berhubungan. Minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran di kampus tidak hanya tergantung sepenuhnya oleh kemampuan dosen semata. Namun banyak dipengaruhi oleh aspek – aspek lain misalnya: tata ruang perkuliahan, motivasi berprestasi, metoda mengajar dsb. Tata ruang yang baik menurut persepsi mahasiswa akan memberikan daya tarik tersendiri dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Mahasiswa akan merasa nyaman dalam kegiatan pembelajaran di kelas jika tata ruangnya menyenangkan, sehingga dapat mempengaruhi minat belajarnya. Namun sebaliknya mahasiswa akan merasa kurang tertarik mengikuti pembelajaran karena ruangannya kurang tertata dengan baik. Namun demikian, penataan ruang yang baik tersebut tidak akan ada artinya bila tidak ada kemauan atau motivasi yang tertanam dalam diri yang mendorong mahasiswa untuk berprestasi. Adanya motivasi untuk berprestasi dalam diri mahasiswa akan menimbulkan minat belajar yang tinggi karena, namun sebaliknya apabila motivasi berprestasi tidak ada sedikit pun maka mahasiswa yang bersangkutan tidak akan berminat untuk belajar. Dengan demikian proses pembelajaran tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Program Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) merupakan salah satu bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kampus PTB berada di wilayah pabelan, bersama dengan Program Pendidikan Teknik Mesin (PTM), terpisah dari program pendidikan yang lain. Karena sedikitnya populasi yang menempati kampus ini, maka tak heran jika banyak ruangan yang kurang terawat. Apalagi ruangan – ruangan kosong yang dahulu pernah ditempati oleh program pendidikan lain yang sudah dipindahkan ke kampus pusat. Dengan adanya penataan ruang kuliah yang baik dan nyaman sesuai dengan persepsi mahasiswa serta dukungan atau motivasi berprestasi dalam diri mahasiswa yang tinggi maka kemungkinan minat belajar mahasiswa akan tinggi pula.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:36
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6497

    Actions (login required)

    View Item