PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA

Winarsih, Sri Kusheni (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1460Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran statika dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual) di kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta, (2) Efektfitas penerapan model pembelajaran SAVI ( Somatis Auditori Visual Inteliktual ) di kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, berjumlah 30 siswa. Tindakan kelas diawali dengan membuat skenario pembelajaran model SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual), membuat lembar observasi, membuat pedoman wawancara, membuat alat tes evaluasi serta menyiapkan dokumentasi. Validitas data menggunakan Triangulasi, member chek dan Audit Trail. Teknik analisis menggunakan analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan alur siklus model spiral, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, disetiap siklus terdapat beberapa tahapan berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui hasil belajar tiap siklus dilaksanakan 2 kali tindakan tes evaluasi. Tahap berikutnya dilakukan observasi berupa data yang akan dikumpulkan, dianalisis, dan direfleksi. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum tindakan siklus: siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Banyak siswa beranggapan bahwa mata pelajaran statika sulit, rumit, banyak rumus, serta penerapan dan manfaatnya sangat sedikit dalam kehidupan manusia yang mengakibatkan kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran Statika. Hal ini tampak dari nilai raport yang dilaksanakan sebelum penelitian yaitu semester gasal tahun 2009/2010. Penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan hasil belajar dengan model SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual) mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi, hasil pengamatan dalam ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I ke siklus II, tidak hanya itu peningkatan juga berasal dari dukungan guru dalam pmelaksanakan pembelajaran dengan model SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual).Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran statika kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam penerapan metode SAVI (Somatis Auditori Visual Inteliktual) untuk meningkatkan hasil belajar statika misalnya: terdapat beberapa kendala diantaranya : masih terdapat sebagian kecil siswa yang belum terfokus pada saat dikelompokkan. Kata kunci : Model SAVI , Proses belajar aktif, Hasil belajar siswa meningkat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:31
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6484

    Actions (login required)

    View Item