UPACARA RELIGI DAN PEMASARAN PARIWISATA: STUDI TENTANG KOMODIFIKASI TABOT DI PROPINSI BENGKULU

YULIATI, (2010) UPACARA RELIGI DAN PEMASARAN PARIWISATA: STUDI TENTANG KOMODIFIKASI TABOT DI PROPINSI BENGKULU. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (3176Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tradisi Tabot yang merupakan tradisi menyambut Muharram. Pemerintah Bengkulu menjadikan perayaan Tabot sebagai komoditi pariwisata yang diandalkan. Tetapi perayaan Tabot ini belum dikenal oleh wisatawan lokal apalagi wisatawan mancanegara sehingga belum mampu menarik wisatawan untuk datang ke Propinsi Bengkulu. Untuk meningkatkan wisatawan agar datang ke Propinsi Bengkulu untuk melihat festival Tabot diadakan promosi. Karena dengan meningkatknya wisatawan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses-proses komodifikasi terhadap upacara Tabot untuk kepentingan pemasaran pariwisata Propinsi Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh dari kepustakaan. Sedangkan pengumpulan datanya dari wawancara, dokumentasi dan penelitian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dan validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi patton. Festival Tabot merupakan program yang dibuat Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Tabot untuk pengembangan potensi pariwisata sebagai komoditas pariwisata. Tabot sebagai kebutuhan masyarakat Bengkulu telah memenuhi persyaratan, keaslian (Originality), kelangkaan (Scarsity), keutuhan (Wholesomeness) sebagai asset yang sangat berharga untuk dikemas lebih baik secara professional dalam perkembangan kepariwisataan di Bengkulu. Media komunikasi yang digunakan agar masyarakat luas dengan mudah mengakses informasi mengenai Tabot adalah dengan media komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media cetak dan media elektronik serta membuat selebaran atau leafet. Kata kunci : Upacara religi, pemasaran pariwisata, komodifikas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:27
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6466

    Actions (login required)

    View Item