EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN TUGAS MAKALAH INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN I

WULANDARI, YUANITA (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN TUGAS MAKALAH INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN I. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img] PDF - Published Version
Download (484Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan I (2) Efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu dalam meningkatkan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah KDK I yang dilihat dari hasil tes individu dan hasil kesepakatan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri yang dilakukan oleh dosen yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap system, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi pembelajaran. Penelitian di lakukan bulan Januari sampai dengan juni 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi S1 keperawatan semester II. Tehnik pengumpulan data menggunakan (1) Tes, digunakan untuk mendapatkan data tentang penugasan konsep dan hasil belajar (2) Observasi, dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mahasiswa dalam PBM (3) Wawancara, untuk mendapatkan data awal tentang kondisi pembelajaran sebelum diterapkan model dan setelah diterapkan model (4) Diskusi antar dosen dan observer tentang refleksi siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan 1 (2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif meningkatkan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan I. Kata Kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran Think-Pair-Share, Tugas makalah individu, Partisipasi dan Prestasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:25
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6463

    Actions (login required)

    View Item