PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 MACANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PRANIYATI, NITA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 MACANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (0b)

    Abstract

    Nita Praniyati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 MACANAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 . Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2010. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: 1. Meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), 2. Meningkatkan kemampuan menghitung pecahan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SDN 01 Macanan tahun ajaran 2009/2010. Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus ini terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Macanan Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan metode pokok yang meliputi observasi langsung, dokumentasi, dan tes. Metode observasi langsung digunakan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan peran serta siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan model kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghitung pecahan. Dalam proses analisis data, kegiatan pokok analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1 Prosentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan angka 43,33% (13 siswa dari jumlah 30 siswa aktif saat pembelajaran) dan pada siklus II prosentase keaktifan siswa sebesar 73,33% (22 siswa dari jumlah 30 siswa aktif saat pembelajaran). Dengan demikian terdapat penengkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. 2 Rata-rata nilai matematika hasil kuis individual pada siklus I sebesar 60,37 dan pada siklus II sebesar 69,90. Sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. 3 Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 63,33% (19 siswa dari jumlah 30 siswa tuntas dalam belajarnya) dan pada siklus II prosentase ketuntasan sebesar 80% (24 siswa dari jumlah 30 siswa tuntas dalam belajarnya. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Macanan Kecamatan kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:28
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6457

    Actions (login required)

    View Item