PROSEDUR DAN KUALITAS KREDIT PERBANKAN PADA PD. BPR BKK TASIKMADU CABANG JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR

Wulandari, Monica Dian (2011) PROSEDUR DAN KUALITAS KREDIT PERBANKAN PADA PD. BPR BKK TASIKMADU CABANG JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (4087Kb)

    Abstract

    PD. BPR BKK (Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan) merupakan lembaga perbankan milik pemerintah daerah. PD. BPR BKK memberikan pelayanan jasa perbankan dan pemberian pinjaman kredit kepada masyarakat dengan mempertahankan kualitas kredit yang lancar. PD. BPR BKK bertujuan membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten Karanganyar. Namun pada umumnya masih banyak masyarakat yang kurang memahami prosedur dan syarat pemberian kredit. Oleh sebab itu penulisan TA ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur dan kualitas kredit perbankan pada PD. BPR BKK Tasikmadu cabang Jumantono ini. Dalam rangka ini langkah- langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan komunikasi langsung dengan pihak yang bersangkutan yang ada di BPR BKK ini. Dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif. Dengan lokasi penelitian yang dilakukan di PD. BPR BKK Tasikmadu cabang Jumantono, obyek kajian ini adalah prosedur dan kualitas kredit perbankan pada PD. BPR BKK Tasikmadu cabang Jumantono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank ini telah melakukan pemberian kredit kepada masyarakat sesuai dengan metode yang pada umumnya diterapkan dalam sistem perkreditan. Kualitas kredit perbankan pada PD. BPR BKK Tasikmadu cabang Jumantono ini dikatakan sehat, hal ini dilihat dari NPL per tahunnya yang rendah. Ini berarti kemampuan bank dalam mengelola kredit bermasalah penerapannya sudah berjalan lancar. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa prosedur pemberian kredit pada PD. BPR BKK Tasikmadu cabang Jumantono ini sudah baik dan efektif. Dengan prosedur pemberian kredit yang sudah melaksanakan sistem 5C, sehingga terjadinya kredit macet bisa diminimalisir. Kualitas kredit perbankan pada bank ini juga sudah baik, meski sempat mengalami kenaikan namun pada bulan Februari NPLnya dapat kembali turun, bank ini harus bisa mempertahankan kondisi tersebut, bahkan berusaha agar NPL tersebut bisa lebih rendah lagi. Kata kunci : Prosedur dan Kualitas Kredit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 17:03
    Last Modified: 18 Jul 2013 17:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6341

    Actions (login required)

    View Item