PENGARUH COPING STRATEGIES TERHADAP TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Pengguna Facebook di Surakarta)

, EFIYANA (2010) PENGARUH COPING STRATEGIES TERHADAP TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Pengguna Facebook di Surakarta). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] PDF - Published Version
Download (577Kb)

    Abstract

    Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dari Coping Strategies yang terdiri dari refusal, delay, extended decision making dan pretest terhadap Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari usefulness, easy of use, attitude to use dan intention to use. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi pada teknologi baru. Data diambil melalui survei pada 137 responden yang berniat untuk menggunakan facebook sebagai sarana promosi usaha. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hal ini bertujuan untuk menjamin keakuratan dari data yang dikumpulkan. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa data memenuhi kualifikasi kelayakan dalam pengujian hipotesis. Structural Equation Model (SEM) sebagai metode statistik untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini. Metode statistik ini dirasakan mampu untuk menjalaskan hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Hasil pengujian yang dilakukan mengindikasi bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif pada: easy of use dengan usefulness, usefulness dengan attitude to use, serta attitude to use dengan intention to use. Kemudian coping strategies berpengaruh signifikan dan positif secara parsial dengan attitude to use dalam hal ini ditunjukkan oleh pretest. Sedangkan coping strategies berpengaruh signifikan dan negatif secara parsial dengan easy of use, ditunjukkan oleh refusal. Hasil pengujian yang dilakukan juga mengindikasi bahwa coping strategies tidak berpengaruh terhadap usefulness dan intention to use. Diperlukan studi lanjut untuk menguji model pada ruang lingkup yang berbeda sehingga dapat digeneralisasi pada konteks yang berbeda pula

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Users 846 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:54
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6325

    Actions (login required)

    View Item