PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA

Pangestu, Muna Dwi (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2409Kb)

    Abstract

    Muna Dwi Pangestu, K7106033. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV SDN SONDAKAN SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010. Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui model kooperatif tipe Kancing Gemerincing pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis pantun, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah model kooperatif tipe Kancing Gemerincing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri Sondakan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan teknik deskriptif kualitatif, yang meliputi 3 komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis pantun setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif tipe Kancing Gemerincing. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan menulis pantun untuk tema persahabatan dengan nilai rata-rata nilai 67,96 dan prosentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 66,79% (25 siswa). Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis pantun untuk tema kebersihan dengan nilai ratarata nilai 79,28 dan prosentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 86,84% (33 siswa).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:56
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6324

    Actions (login required)

    View Item