UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DENGAN GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SIDOWAYAH KECAMATAN POLANHARJO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

AINI. I, NANIK NUR (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DENGAN GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SIDOWAYAH KECAMATAN POLANHARJO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (577Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian Tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat melalui garis bilangan pada siswa kelas IV SDN 2 Sidowayah. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah : hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah garis bilangan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), refleksi (reflecting). Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sidowayah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dan peningkatan aktivitas siswa setelah diadakan tindakan kelas menggunakan garis bilangan. Pada siklus I materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat yang meliputi empat macam indikator yang ingin dicapai, rata-rata nilai kelas sebelum tindakan 57,14 meningkat menjadi 64,29. Ketuntasan hasil belajar yang semula 42,86% meningkat menjadi 52,39% dengan KKM 62. Sedangkan rata-rata penilaian aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,25 dan pada siklus II meningkat manjadi 3,25. Dengan demikian dapat diajukan suatu kesimpulan bahwa pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan bulat melalui garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Sidowayah Kec. Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 854 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:57
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6308

    Actions (login required)

    View Item