PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Fatmawati, Achirina (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3895Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Penelitian ini mengacu pada model spiral dimana tindakan dilakukan dalam beberapa siklus sampai target yang telah dilakukan tercapai. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan wawancara. Pemeriksaan validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan dapat meningkatkan keterampilan proses pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket keterampilan proses, lembar observasi keterampilan proses serta wawancara. Capaian rata-rata persentase angket masing-masing indikator keterampilan proses prasiklus sebesar 73,36%, capaian siklus I sebesar 73,10% dan siklus II sebesar 80,02%. Capaian rata-rata persentase hasil observasi masing- masing indikator keterampilan proses prasiklus sebesar 48,61% dan capaian siklus I sebesar 71,01% (terjadi kenaikan sebesar 22,4%). Capaian rata-rata observasi indikator keterampilan proses pada siklus II sebesar 81,25% (terjadi kenaikan sebesar 10,24%). Hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat menghilangkan kebosanan dalam kegiatan pembelajaran dan melatih keaktifan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:51
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6297

    Actions (login required)

    View Item