PENGARUH BERBAGAI BAHAN AMNEDMEN TANAH DAN BAHAN LAPISAN PEMUTUS KENAIKAN KAPILER TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT HAMPARAN DAN AKUMULASI GARAM PADA TANAH SALIN REKLAMASI DAN KONDISI IRIGASI SALIN

Rahayu, Sc. Agr. (2011) PENGARUH BERBAGAI BAHAN AMNEDMEN TANAH DAN BAHAN LAPISAN PEMUTUS KENAIKAN KAPILER TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT HAMPARAN DAN AKUMULASI GARAM PADA TANAH SALIN REKLAMASI DAN KONDISI IRIGASI SALIN. Other thesis, Dankook University.

[img] PDF
Download (96Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik tanah sawah reklamasi (reclaimed paddy soil; RPS) dan pasir yang dikeruk (dredged up sand; DS) sebagai media tanam rumput dalam kondisi saline. Tanah diperoleh dari daerah reklamasi B Seosan dan pasir itu dikeruk dari waduk Bhunam, Tae Ahn Korea. Sifat Tanah RPS dan DS dianalisis, dan media tumbuh campuran dikemas dalam kolom dan dilindi menggunakan air salin dengan 0, 1,2 dan 3 dSm -l . Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPS sebagai media tumbuh rumput memiliki risiko pemadatan dan akumulasi garam ketika terlindi oleh air garam. Distribusi ukuran partikel DS menunjukkan sebagai pasir kasar dibanding kriteria pasir media tumbuh rumput rekomendasi USGA (United States Golf Association). Campuran media tumbuh RPS dan DS dengan rasio 1:4 menunjukkan karakteristik serupa dengan DS dan tidak menunjukkan adanya masalah potensial akumulasi garam. Media tumbuh DS atau DS-fine menunjukkan karakteristik yang lebih baik untuk pertumbuhan rumput dibandingkan dengan media tanam yang mengandung RPS. Air irigasi salin dengan salinitas 2 dSm -1 menunjukkan akumulasi garam pada media tanam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: mr azis r
    Date Deposited: 08 May 2013 17:28
    Last Modified: 08 May 2013 17:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/626

    Actions (login required)

    View Item