PERANCANGAN POLA PARKIR DI AREAL PARKIR UTAMA PASAR KLEWER SURAKARTA

Mahardin, Dinta (2005) PERANCANGAN POLA PARKIR DI AREAL PARKIR UTAMA PASAR KLEWER SURAKARTA. Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (48Kb)

    Abstract

    Dinta Mahardin, NIM: I 0300022. PERANCANGAN POLA PARKIR DI AREAL PARKIR UTAMA PASAR KLEWER SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, April 2005 Selama ini pengelolaan parkir di areal parkir utama pasar Klewer masih dilaksanakan secara tradisional dan terkesan sembarangan. Petugas parkir masih belum menerapkan sistem pengelolaan perparkiran yang baik dalam menentukan fasilitas parkir dan pola parkir sehingga tingkat akumulasi, durasi, indeks parkir dan tingkat pergantian parkir (parking turnover) yang terjadi dirasakan belum efektif. Penelitian dilakukan untuk merancang pola parkir yang efektif di areal parkir utama pasar Klewer sehingga dapat diketahui kapasitas optimal yang sebenarnya. Sudut parkir yang digunakan dalam perancangan pola parkir adalah 0o , 45o , 60o , dan 90o . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan petak parkir untuk roda dua yang berjumlah 330 petak parkir masih mampu memenuhi kebutuhan 229 petak parkir sepeda motor dan 24 kebutuhan petak parkir sepeda dengan melakukan strategi shared parking. Sedangkan 175 petak parkir mobil yang tersedia berada dalam titik kritis dalam memenuhi kebutuhan 174 petak parkir mobil karena ketika terjadi lonjakan volume kendaraan parkir yang lebih besar atau terjadi peningkatan durasi parkir rata-rata, ketersediaan petak parkir mobil tidak akan mampu lagi menampung jumlah kebutuhan parkir yang terjadi di areal parkir utama pasar Klewer. Kebijakan usulan pemberlakuan tarif progresif yang membebankan tarif lebih besar terhadap kendaraan yang parkir dalam jangka waktu lama di areal parkir utama pasar Klewer diharapkan dapat mempengaruhi durasi parkir kendaraan sehingga tingkat akumulasi kendaraan parkir yang tinggi bisa dikendalikan. Pemberlakuan tarif progresif akan meningkatkan volume parkir dan taksiran total pendapatan di areal parkir utama pasar Klewer sebesar 23,03% apabila mengacu pada tarif yang berlaku saat ini atau 64,9% apabila mengacu pada tarif menurut perda kota Surakarta No. 6 dan No. 7 tahun 2004. Tiap-tiap lokasi parkir juga disarankan memberlakukan sistem car pooling untuk mengurangi akumulasi kendaraan parkir yang tinggi akibat penggunaan kendaraan pribadi. Kata kunci: perancangan pola parkir, kebutuhan parkir, manajemen parkir, tarif parkir progresif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:39
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6254

    Actions (login required)

    View Item