HUBUNGAN KONSEP DIRI GURU DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus Di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2010)

Ahmad, Candra Ariesta (2010) HUBUNGAN KONSEP DIRI GURU DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus Di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1027Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya hubungan antara konsep diri guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010. 2) ada tidaknya hubungan antara pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010. 3) ada tidaknya hubungan antara konsep diri dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi adalah seluruh guru SMA MTA Surakarta dengan jumlah 60 orang. Sampel penelitian diambil sejumlah 35 orang guru SMA MTA Surakarta dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui kosep diri guru, pemberian motivasi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Teknik uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat, uji linearitas dan uji independensi. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji regresi linear ganda. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan (1) Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh harga r adalah positif yaitu 0,504 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,002 . (2) Ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga r X1Y adalah positif yaitu 0,423 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,011 . (3) Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru dan pemberian motivasi kepala sekolah X2Y terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa F sebesar 8,692 (positif) dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Sedangkan besarnya sumbangan relatif dan efektif berdasarkan hasil pengujian hipotesis adalah (1) Sumbangan Efektif konsep diri sebesar 21,5% (2) Sumbangan Relatif Konsep Diri sebesar 61,2% dan (3) Sumbangan Efektif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 13,6% (4) Sumbangan Relatif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 38,8%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 831 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:35
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6226

    Actions (login required)

    View Item