ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN FIRM SIZE, BOOK TO MARKET RATIO DAN SALES TERHADAP EARNINGS PERUSAHAAN PADA INDEKS LQ-45 BURSA EFEK JAKARTA

Marsudi, Danang Dwi (2004) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN FIRM SIZE, BOOK TO MARKET RATIO DAN SALES TERHADAP EARNINGS PERUSAHAAN PADA INDEKS LQ-45 BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (180Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh firm size, book to market ratio dan sales terhadap earnings perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Jakarta. Sehubungan dengan tujuan tersebut hipotesis yang diajukan adalah untuk mengetahui apakah variabel size, book to market ratio dan sales berpengaruh secara signifikan terhadap earnings perusahaan, baik secara parsial maupun serentak. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi perusahaan-perusahaan yang masuk pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Jakarta tahun 2001 – 2003. Pengambilan sampel dengan convenience sampling dan didapat sebanyak 25 perusahaan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t dan uji-F yang menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya baik secara parsial maupun secara serentak pada level 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel size tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings yang ditunjukan dengan nilai probabilitas 0,147 (p>0,05), sedangkan variabel book to market ratio dan sales secara parsial berpengaruh cukup signifikan terhadap earnings perusahaan yang ditunjukan dengan nilai probabilitas sebesar 0,016 (p<0,05), untuk book to market ratio dan 0,001 (p<0,05), untuk variabel sales. Sedangkan secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependennya yang ditunjukan dengan nilai signifikan F sebesar 0,000. Dengan nilai adjusted R-Square dalam penelitian ini sebesar 0,253 yang berarti sebesar 25,3% variabel dependen earnings dapat dijelaskan oleh variabel independennya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa semua variabel independen yaitu size, book to market ratio dan sales berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependennya. Tetapi secara parsial hanya book to market ratio dan sales yang berpengaruh secara signifikan terhadap earnings perusahaan, sedangkan size tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings perusahaan. Sebagai saran untuk pelaku pasar modal, termasuk investor hendaknya melakukan pertimbangan secara menyeluruh baik secara teknikal maupun fundamental sebelum melakukan keputusan investasi. Kata kunci : Firm size, Book to Market Ratio, Sales, Earnings, Indeks LQ-45

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:29
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6222

    Actions (login required)

    View Item