ANALISIS KINERJA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KUPEDES PADA BRI UNIT GANDRUNGMANGU CABANG MAJENANG PERIODE MARET 2008 - MARET 2009

DARYATI, (2009) ANALISIS KINERJA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KUPEDES PADA BRI UNIT GANDRUNGMANGU CABANG MAJENANG PERIODE MARET 2008 - MARET 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (542Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti besarnya kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta yang dapat diketahui dari tingkat pertumbuhan dan efektifitas dari pajak restoran, hambatan-hambatan yang ditemui serta upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kota Surakarta dalam pemungutan pajak restoran. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah membandingkan teori dan data yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kota Surakarta. Cara pengumpulan data dengan studi kepustakaan dokumen yang diperoleh dari lokasi penelitian dan melakukan wawancara dengan Pegawai Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kota Surakarta Hasil dari penelitian adalah persentase pertumbuhan realisasi penerimaan pajak restoran meningkat dari tahun ke tahun dan selalu melebihi target yang telah ditetapkan. Terdapat banyak pelanggaran yang sengaja dilakukan oleh wajib pajak dalam upaya meminimalkan pajak restoran yang terhutang. Kurangnya petugas tenaga lapangan serta kurangnya sosialisasi mengenai pajak restoran juga merupakan suatu hambatan yang ditemui dalam pemungutan pajak restoran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata pertumbuhan realisasi penerimaan pajak restoran per tahun dari tahun 2006-2008 adalah ± 113,17%. Rata-rata efektifitas penerimaan pajak restoran per tahun dari tahun 2006-2008 adalah ± 102,05%. Hal ini berarti bahwa besarnya kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta adalah ±2.05%. Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kota Surakarta masih terus berupaya memaksimalkan pendapatan daerah khususnya dari pajak restoran dan meminimalkan pelanggaran-pelanggaran yang ditemui dalam memungut pajak restoran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kota Surakarta untuk terus menggali potensi pajak restoran yang ada dengan memberikan pelayanan yang maksimal serta memperbaiki sistem yang digunakan guna memaksimalkan jumlah pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:26
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6212

    Actions (login required)

    View Item