TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN STUDI PADA SURAT KABAR SOLOPOS DI SURAKARTA

Noor , Satria Ardian (2009) TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN STUDI PADA SURAT KABAR SOLOPOS DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (865Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen surat kabar SOLOPOS berdasarkan elemen brand loyalty. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penyebaran kuisioner pada sampel sebanyak 100 responden di PT Aksara SOLOPOS. Peneliti menetapkan pertimbangan tertentu, terhadap populasi yang akan dipilih menjadi sampel, teknik tersebut dikenal dengan judmental sampling/ purposive sampling. Analisis deskriptif dengan menggunakan rumus mean dan persentasi dipilih untuk pengolahan data. Elemen brand loyalty yang dianalisis meliputi switcher (berpindah­pindah), habitual buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), satisfied buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), likes the brand (menyukai merek), dan committed buyer (pembeli yang komit). Berdasarkan hasil survei 100 responden dapat disimpulkan kebanyakan konsumen SOLOPOS adalah berjenis kelamin laki­laki, memiliki pendidikan terakhir perguruan tinggi, bekerja sebagai pegawai swasta, dan menerima penghasilan tiap bulan 1,5 juta – 2 juta. Menurut tanggapan responden terhadap tingkat loyalitas konsumen pada SOLOPOS dapat diketahui pada tingkat switcher, responden yang sensitif terhadap harga sebesar 13% dan responden yang berganti­ganti surat kabar untuk memenuhi informasi sebesar 85%. Pada tingkat habitual buyer, konsumen yang membeli SOLOPOS karena kebiasaan sebesar 69% dan konsumen yang selalu membeli SOLOPOS sebesar 51%. Pada tingkat satisfied buyer, konsumen yang puas ketika membaca SOLOPOS sebesar 52% dan konsumen yang tetap membeli SOLOPOS walaupun harganya naik tajam sebesar 20%. Pada tingkat likes the brand, konsumen yang suka terhadap SOLOPOS sebesar 58% dan konsumen yang tidak akan berpindah ke merek yang lain jika sudah menyukai suatu merek surat kabar sebesar 45%. Pada tingkat committed buyer ialah Konsumen yang sering menyarankan dan mempromosikan SOLOPOS kepada orang lain sebesar 13% dan konsumen yang tetap membeli SOLOPOS walaupun ada informasi negatif sebesar 22%. Penulis memberikan saran yang dapat digunakan untuk menetapkan strategi perusahaan. Saran­ saran tersebut adalah menjaga hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan SOLOPOS, menjaga kedekatan dengan pelanggan secara berkesinambungan, member imbalan atas loyalitas pelanggan, menjaga keakurasian dari isi berita SOLOPOS, menyetabilkan saluran produksi dan distribusi, dan mengembangkan pengemasan surat kabar yang lebih atraktif. Kata kunci: switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, likes the brand, dan committed buyer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:24
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6205

    Actions (login required)

    View Item